Yeah simpelnya mungkin kaya gitu.. kecuali manajemennya serius beli BUMA
untuk pengembangan Operasi.

karena begini.

Beli BUMA 100% USD 550 Juta dan itu gak pake internal cash tapi pake Debt.

anggeplah Debt biaya bunganya 20% lah 3 tahun.

DOID = Identik BUMA 100% belinya di USD 550 Juta.

di hold buat Pembeli BUMA sih bisa aja pake multiple angka forward Net
Profit 2010 versi target dari sekuritas lebih tinggi juga bisa. tapi kan
jadi lama dan itu juga kalo iya forecast Net Profit tuh analis pada bener
bisa achievable.

atau jual di harga sekarang DOID yang notabene = 100% BUMA di harga
kapitalisasi 15 T

jual 1/3 ke pasar aja juga udah lunas biaya beli BUMA.

atau jual ke pasar di hangga kapitalisasi yang lebih tinggi atau jualan
sahamnya di pasar dengan jumlah yang lebih besar dari 1/3 jumlah yang
dioutstand oleh DOID. maka Biaya Modal udah BEP dengan masih sisa BUMA di
tangan. atau malah jual semuanya (kalo bisa tapi kan susah) maka IRR kembali
dengan cepat tanpa nunggu sampe NI 2010. Instant Gain.

tapi kalo pembeliannya bermaksud going-concern buat pengembangan operasi ya
harusnya gak segitu "kasar"nya sih. karena ada keuntungannya bagi BUMA masuk
bursa lewat cangkang DOID., kan ada insentif pajak buat perusahaan masuk
bursa jadi di DOIDnya nanti bottomline buat shareholder bisa lebih baik. dan
tentunya BUMA/DOID punya akseske pasar  kalo nanti operasinya tumbuh bagus
maka bisa issuance pendanaan dari equity di harga yang pantas.

--
[...]

Kirim email ke