Itulah, bro...
Pelajaran ini juga gw dapat waktu dulu...

Bahwa, mencari cuan di pasar modal itu nggak gampang...
and kalaupun udah cuan, masih lebih susah lagi mempertahan profit yang udah
masuk kantong (diminta lagi sama bandarnya, hehehe).

That's why sejago apapun teknik yang kita punya, tapi kalau tidak diperkuat
oleh Money Management serta kedisiplinan maka tidak akan optimal juga.

ane yakin, sebelum punya pikiran nge-short, ente pasti udah itung exit
point-nya.
(sebelum masuk ke suatu posisi, trader pro pasti sudah menghitung exit point
kalau ternyata plan tidak sesuai dengan kenyataan).  tapi kayaknya yg ente
lupa, ente tidak menghitung Risk:Reward ratio-nya.

Kayaknya udah umum buat trader, risk banding reward yg dapat di tolerir =
1:3.
risk 1 and reward 3.... baru dah ikutan nyemplung.

Maaf nih bro, ane sebagai nubie bukan berniat untuk ngajarin ente sebagai
senior disini.
Tapi, barangkali pelajaran berharga ini dapat dijadikan pencerahan buat ane
dan teman2 disini, yaitu bisa belajar dari kesalahan orang lain tanpa harus
merasakan sendiri kesalahan tsb.
atau kalau bagi yg sudah pernah melakukan kesalahan tsb, ya sbg reminder
lah.

Salam,