From: Wisdom Stock Trader <isx_tra...@yahoo.com>
Date: Sat, 3 Oct 2009 06:13:48
To: <obrolan-bandar@yahoogroups.com>
Subject: [ob] Maen Poker vs Maen Saham

http://analisis-saham-bei.blogspot.com/2009/10/maen-poker-di-face-book-dan-perdagangan.html

MAEN POKER DI FACE BOOK DAN PERDAGANGAN SAHAM

Gara-gara ada teman ngajak maen poker via facebook (bukan judi pake uang lo....
he3x),
saya belajar banyak hal tentang permainan ini dihubungkan dengan
kegiatan perdagangan saham. Keberuntungan, strategi, dan pengendalian
emosi adalah satu bagian yang tidak terpisahkan untuk mendapatkan
KEMENANGAN.

    Siapa
yang setuju bahwa maen poker adalah 100% keberuntungan? Saya tidak
setuju, karena perhitungan probabilitas kemenangan dan kekalahan perlu
dipertimbangkan, dan biasanya pemain poker yang “ngawur” adalah pemain
yang tidak mempertimbangkan REWARD & RISK. Untuk mendapatkan hasil
yang kecil, banyak yang BERTARUH lebih besar dari pada hasil yang ingin
didapatkan. Akibatnya, mereka BANGKRUT.
    Begitupula
dengan perdagangan saham. Saya yakin banyak yang memiliki strategi
hebat. Namun jangan lupa ada faktor keberuntungan (yang ini tergantung
amal ibadah kita sih...he3x),  dan aja juga
faktor PENGENDALIAN emosi. Pemain saham (maupun poker) yang tidak
mengasah pengendalian emosi cenderung memiliki bias psikologis dalam
mengambil keputusan, akibatnya perhitungan probabilitas kemenangan
maupun reward/risk tidak diperhatikan.

Bagaimana dengan Anda? Apakah
harus setuju dengan saya? Saya yakin tidak 100% yang setuju, namun itu
bukanlah masalah bagi saya, karena memang PASAR adalah
pertentangan/perdebatan kedua belah pihak, yaitu demand & supply.

Salam Hangat
DS

Kirim email ke