Nice posting !

GBU
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: "Jacob Oen" <oenja...@yahoo.com>
Date: Wed, 21 Oct 2009 01:41:02
To: <obrolan-bandar@yahoogroups.com>
Subject: [ob] OOT: Citra dan Pencitraan

(Dalam suatu rehat siang saya tertidur dan bermimpi, dan dalam mimpi itu saya
merenung tentang citra, berikut ini adalah permenungan saya):

Citra atau image itu apa? Dan kenapa itu musti diusahakan, diperjuangkan, dan
dipertahankan? Apa konsekwensinya? Dan berapa besar ongkosnya?

Mungkinkah dalam hidup ini kita dapat menyenangkan semua orang, semua pihak?

Apakah CITRA dan PENCITRAAN itu sebuah Ilusi dan Pengilusian? Apakah Citra sama
dengan Seolah-olah baik, seolah-olah benar, seolah-olah hebat, seolah-olah
cantik/ganteng, seolah-olah bijak dan serba seolah-olah?

Apakah Citra itu ada jarak dengan Realita? Apakah citra itu dapat mengandung
kebenaran? Atau justru dapat melupakan substansi dan tidak mencerminkan yang
real, yang benar dan apa adanya?

Jika saya bertindak demi sebuah Citra, demi bagaimana orang berpikir tentang
saya, dan bertindak selaras dan seirama dengan Keinginan mereka yang berada
dekat dengan saya ternyata itu betapa sangat melelahkan......akan tetapi
lama-kelamaan muncul sepercik kesenangan, kegembiraan karena orang akan memuji,
menganggap hebat, menganggap baik dan seolah-olah senang dan menghormati
kita...ini yang membuat kita TERLEKAT akan perasaan itu,....dan Pencitraan itu
menjadi lestari, menjadi layak untuk diusahakan, diperjuangkan dan
dipertahankan.

Citra dan Pencitraan tidak saja hadir di dunia Fashion, Keartisan, Business,
Pariwisata, POLITIK tetapi hadir di-mana2 termasuk di dunia Persahaman (stock
market).

Hanya Manusia yang butuh CITRA dan Pencitraan, maka tidak heran bahwa hanya
Manusia-lah yang bisa kecewa dan menderita (secara berlebihan).

Dan permenungan tentang citra dan pencitraan masih akan panjang sama seperti
merenung tentang Hidup dan Kehidupan....kalau saja saya tidak dibangunkan oleh
bunyi dering telephone.....

Hehehe, mudah2an ada yang tertarik dengan mimpi saya.

Last, mengutip kata orang bijak...

"Being true to yourself is being true to others, being true to others is being
true to the UNIVERSE".

Sent from my XL BlackBerry®.
"That everything changes is more hopeful than hopeless,
because it means everyone can change for the better."