Rekan ML OB
Pajak dari jual beli saham di BEJ dikenakan pajak yang bersifat "final."
Artinya ya itu saja sudah.  Sama halnya bila kita tabung di bank dalam deposito
atau tabungan dikenakan pajak Final atas bunga sebesar 20%. Dalam perdagangan
saham di BEJ, saat kita beli yang menjual yang ke napajak dan saat kita jual
kita dikenakan pajak juga.
Jadi saat beli tak dipajak tapi saat jual dipajak, tak peduli untung atau rugi
tetap kena pajak. Pajak jual alias "Sales Tax" ini besaranya 0,1% dari Nilai
transaksi dan dipotong oleh Pialang Bursa (Broker) yang kita pakai. Makanya,
kalau diperhatikan fee yang dikenakan broker ke kita, saat beli = xx %, dan
saat jual = (xx + 0,1) %. Broker yang saya pakai besaran fee itu = 0,25% saat
beli dan 0,35% saat jual dan diberi rinciannya.
Mudah-mudahan membantu.

Ini cerita santai saja soal saham.
Ada rekan saya yang tanya saya, siapa orang terkaya di dunia saat ini. Saya
jawab Bill Gates. Dia tanya lagi Kenapa Bill Gates bisa kaya? Saya jawab karena
dia memilik perusahaan Microsoft, Dia Pemiliknya! kata saya. Rekan saya bantah
dan bilang "Banyak orang kok yang punya Microsoft, bukan Bill saja; tuh
sahamnya dijual di bursa dan banyak orang yang beli."
"Jadi?" saya balik bertanya. Dia jawab "Banyak orang keliru soal ini, menurut
saya orang terkaya di dunia nomor satu, si Bill itu dan nomor 2, si Warren itu,
jadi kaya karena mereka memiliki Saham. Jadi kalau kau mau jadi kaya, kau harus
memilik saham, bukan perusaahan, sahamnya saja. Lihat saja Oom William, Pendiri
dan Pemilik Astra Int; itu. Karena "sayang Anak" dia jual sahamnya di Astra.
Sekarang saham Astra milik orang lain khan?  Jadi supaya kaya orang harus
memilik saham, cara dengan membeli dan kemudian menjual dan beli lagi dst...
dst..nya"
Saya terdiam dan mikir. Rasanya benar juga kata kawan itu. Saya mendengar
cerita dari kawan yang lain bahwa Warren itu tidak mau memilik perusahan yang
sahamnya dia beli, jadi dia limit maksimum kepemilikan sahamnya di angka 20%
saja.

Terima kasih
JD