Hi hi hi hii...

From: obrolan-bandar@yahoogroups.com [mailto:obrolan-ban...@yahoogroups.com]
On Behalf Of Dean Earwicker
Sent: 17 Nopember 2009 21:27
To: obrolan-bandar@yahoogroups.com
Subject: Re: [ob] New Comer

Cara membedakan master dan nubie itu gampang... posting para master selalu
diakhiri/diselingi dengan:

*       wakakak
*       hahaha
*       heheh
*       wkwkw
*       kha
*       kekekek
*       lolz

Hal ini dilakukan dibawah alam sadar untuk memberi kesan percaya diri dan
"under control", padahal sih pusing juga tuh pas trading.. :) gengsi donk
ah, jadi dibanyakin ketawa biar ga ketahuan. Mereka ini keseringan lihat
running trade jadi otaknya agak kurang terlatih untuk bedain laki sama
perempuan, dan cenderung agak porno. Para master pun seringkali narsis dan
eksibisionis, "show off" analisa yang ruwet dan kompleks plus gambar
garis-garis segala macem, makin orang ga ngerti, makin seneng. :) Tapi ini
ga semua, cuman bbrp orang aja.

Di pihak lain, ada namanya BANDAR/Market Maker, yang kerjanya ngomporin
target-target tertentu, biasanya minim analisa, tapi bisa "hajar" ratusan
ribu lot (katenye). Mereka ini adalah sparring partnernya para Master, dan
umumnya berkantong tebal/dekat dengan bozz, atau cuma modal nyontek order
asing di Bloomberg TOMS/Fidessa/GLStream/RTF,dst.

Diatas mereka ada level Grand Master, yaitu trader yang tidak cuma ngerti
soal trading, tapi juga filosofi, psikologi, FA, TA, dan utamanya
bandarmologi. Cuma ada satu di OB, yaitu Mbah jsx-consultant (moderator)

Sparing partner Grandmaster yaitu BOZZ, penguasa bursa saham, yang
menggerakan, menciptakan likuiditas, fear dan greed, atau lebih lazim
disebut Market Maker, suatu grup yang resmi ga resmi ada di BEI.

Demikian sekilas profil OB.

Ok, kembali ke persahaman, ada dua disiplin ilmu, FA (fundamental analysis)
dan TA (technical analysis). Baiknya p Thomas googling aja dulu, atau beli
bukunya. Kalau udah tau bedanya FA sama TA, baru nanya lagi di OB.

http://en.wikipedia.org/wiki/Fundamental_analysis
http://en.wikipedia.org/wiki/Technical_analysis

Untuk TA, software yang sering dipakai adalah Metastock, Amibroker,
ChartNexus, dst. Untuk trading via internet (OLT), umumnya sudah ada
software TAnya.

Regards,
DE

Pada 17 November 2009 20:22, Thomas Boediman Wibowo
<tbwib...@telkomsel.blackberry.com> menulis:
> Dear teman teman dan para guru besar, saya juga perlu masukkan mengenai
software/teori apa yang sebaiknya dipakai dalam mencoba nasib dalam hal
jual/beli saham.

> Saya sama sekali baru dgn perdagangan saham, jadi mohon maaf apabila
posting saya ini mengganggu teman2.