Kalau seandainya :

1. Peminjam menggadaikan rumah kedua (bukan rumah tinggal)
2. Mendapatkan skema pinjaman rekening koran (terlepas dari sulitnya
mendapatkan pinjaman jenis ini, apalagi untuk saham)

Maka sebenarnya ga jauh beda dengan pemain saham yang membuka margin account
dan menggunakan fasilitas marginnya. Yang beda, apalagi waktu di
bicarain/diskusikan ke orang lain, adalah tekanan psikologisnya karena
kuping kita biasanya panas denger orang mau gadaikan rumah buat main saham.

Padahal ga ada bedanya, kalau di margin account yg di jaminkan adalah
uang/saham (aset lancar) sedangkan kalau di PRK yg di agunkan adalah
properti (aset apa yah namanya....)

Jadi kalau kalah, yah sama2 berkurang nilai asetnya. Mungkin jadi bisa lebih
di terima (mungkin) kalau rumah keduanya di jual, kemudian uangnya di pakai
untuk buka margin account.... padahal sama saja yah.... hehehehe

Mungkin yg bisa di perhitungkan disini, siapa tahu bunganya lebih murah
hehehe