Sebenarnya masalah koneksi data via CDMA and 3G tergantung lebar pita yang
disediakan oleh provider (entah itu XL, Fren, Esia). selama lebar pita itu bisa
memberikan kapasitas bandwidth yang mencukupi maka koneksi kita ke internet
tidak akan terputus. Jadi bukan masalah teknologinya saja. Dulu saya biasa
memakai yg dial up konvensional/telkomnet instant di Bdg untuk akses internet
tentunya untuk monitoring portfolio kita dari rumah. Bandwidth yang dikasih
adalah 33.6 s/d 56.6 kbps, saya connect seharian dan tidak pernah terputus.
Masalahnya adalah sekarang provider CDMA and 3G merupakan operator telco. Jadi
koneksi data masih dinomor 2 kan alias bandwidth real kita akan turun drastis
saat bandwidth penuh terpakai untuk voice/suara, sehingga koneksi kita akan
lag/macet.
Saya mau berbagi pengalaman.
Saya dari senin hingga jum'at tinggal didaerah Daan Mogot belakang DM mal .
Sebelum Hypermart dibuka di DM mal koneksi FREN saya jarang dan hampir tidak
pernah terputus seharian. Sekarang saat Hypermart udah dibuka terutama malam
hari banyak yang belanja tentunya banyak yang menggunakan HP dg operator  M8.
Jadi kapasitas Bandwidth disitu penuh sehingga saya sekarang kesulitan sekali
koneksi via FREN ke internet hingga jam 10:00 / 11:00 malam atau saat Hypermat
tutup. Nah diatas jam 11:00 malam koneksi data lancar lagi hingga pagi pun
tidak pernah terputus.  Nah mungkin sekarang yang pake 3G masih lancar2 aja
karena pelanggan 3G masih sedikit, tapi tunggu nanti kalau pelanggan 3G udah
bejibun kalau kapasitas bandwidth juga kurang yach akan sama saja koneksi kita
akan sering macet.

Jadi kesimpulannya bukan masalah teknologi saja tapi berapa besar bandwidth
yang tersedia untuk kita secara real time terhubung dari  notebook/pc kita ke
jaringan internet.

Rgds
W15nu