Salam Sejahtera...

Pada Selasa, 15 Mei 2007, Halim Mintareja menulis:

> Berbeda sekali dengan investor lokal.
> Di harga sekarang masih mau masuk dengan harapan untuk untung
> berkali-kali lipat model openheimer. Padahal.. Openheimer sendiri
> sekarang sedang berpikir.. ini nantinya duit dari ANTM mau dimasukan di
> mana lagi ya ??

Saya melihatnya menggunakan kacamata berbeda. Yang kita bicarakan ini, MHS
(menurut hemat
saya), adalah membandingkan individu dan kelompok. Individu dibatasi oleh
waktu, karena ia
menggunakan sumber dayanya sendiri sejauh usia hidupnya, sementara kelompok
adalah anonim
karena walau anggotanya berganti (para individu) ia tetap menjalankan tujuan
yang usianya
melampaui masa hidup anggotanya.

Intinya adalah bahwa menghimpun kekuatan berarti melestarikan tujuan, karena
kekuatan itu
sendiri sebenarnya merupakan perwujudan kumpulan hasrat para anggotanya. Dalam
hal saham,
maka hasrat tersebut adalah mendapat sebesar mungkin keuntungan menggunakan
modal sekecil
mungkin dan dalam dalam tempo yang sesingkat mungkin.

Pernah ada rekan kita yang mengusulkan penghimpunan kekuatan, yang ditanggapi
secara
beragam oleh kita di sini. Saya menerjemahkannya sebagai: yang merasa satu
kerangka
silakan bertemu dan membentuk kebandaran itu. Kita tentu masih ingat bahwa satu
tangan
menepuk angin sementara dua tangan menghasilkan bunyi...

Maaf, saya telah berfalsafah.

Sharif Dayan
di Palembang

Kirim email ke