Kalau menurut saya emang sudah seharusnya bakal naik, malah harusnya menurut
saya bisa melewati new high nantinya dalam waktu dekat. Logika yang saya
pakai sederhana, RI merupakah corporate action untuk memperoleh modal baru
yang tentunya akan menimbulkan ekspektasi positif bagi perkembangan positif
ke depan. Kalau misalnya harga pasar dalam jangka panjang jadi turun dengan
adanya RI, ini malah jadi tidak logis, karena malah seolah-olah timbul
ekspektasi negatif, padahal bukan demikian.

Harga eksekusi RI di 1150 bukan berarti harga akan dikerek lagi ke 1150.
Ngapain bandar capek2 ngerek ke 1500 kalo hanya buat dijatuhin lagi ke 1150.
Penurunan kemaren menurut saya hanya sesaat, karena bandar ingin
dapet barang murah lagi, supaya nanti bisa dikerek lagi sampe RI
dieksekusi. Namanya juga bandar. Tapi menurut saya dalam jangka pendek
sampai cum date RI harusnya naik. Kalau nanti harga teoritis pasar setelah
cum date RI lebih besar dari harga eksekusi RI, berarti itu keuntungan bagi
yang punya HMETD berupa rights. Kalo secara normal sih, menurut saya harga
teoritis nanti setelah RI bakal lebih besar dari Rp1150, supaya ada nilai
tambah bagi pemegang HMETD.

Mungkin coba dibandingkan dengan ELTY waktu Right issue di bulan April lalu,
dimana harga naik kencang menjelang right issue (kalau gak salah sehari
sebelum cum date RI sempat mencapai 265-275 (waktu pengumuman mungkin
di-kisaran 215 - 225, saya lupa persisnya), sebelum turun lagi disesuaikan
dengan harga teoritis pasar ke Rp215 ato 220 kalo gak salah, karena efek
harga eksekusi RI adalah Rp200). Habis itu, harga ELTY dikerek lagi sampai
balik ke harga sekarang yang bahkan sudah mencapai Rp285 dalam waktu hanya
sekitar 1 bulan (padahal sudah pernah disesuaikan dengan adanya RI).

Case lain (untuk saham yang aktif sih yang saya agak sedikit tahu, kalo
saham gak aktif saya terus terang gak terlalu tau) mungkin ada yang bisa
menjelaskan mengenai CTRA di sekitar semester 2 2006. Waktu itu sih saya gak
terlalu ngikutin, cuma kayaknya juga ada efek positif yang lumayan ke harga
CTRA waktu itu dalam jangka pendek berkenaan dengan adanya RI dari CTRA.

Tapi ini hanya analisis kecil2an dari saya, maklum, saya juga masih baru
belajar di sini. Ya, sekedar pengen diskusi aja. Jadi, so pasti disclaimer
dong. Tidak dijamin kebenarannya. He he he.