From: Saptono Widhi <saptono.wi...@gmail.com>
Date: Sat, 6 Feb 2010 17:23:27
To: <obrolan-bandar@yahoogroups.com>
Cc: <meta-n...@yahoogroups.com>
Subject: Re: Bls: [ob] Besok senin virus I TOT U bakal menyebar!!!

Kalau I TOT U nya lucu-lucuan, mestinya pasang tarifnya lucu-lucuan
juga, boleh bayar pake daun kaleee... hehehe.....

Saya dapat memahami kekecewaan mantan member SP. Sebenarnya bayar
berapapun kalau tradingnya masih untung (apalagi kalau untungnya jauh
lebih gede ketimbang biayanya) ndak akan jadi masalah. Cuma kadang,
terutama newbie, terlalu banyak berharap untuk mendapat
SP/metode/indikator yang akurat, gak akan pernah cut loss dan semacam
itu. Gelombang/generasi investor/trader seperti ini selalu ada aja
setiap waktu. Dengan adanya milis OB dan milis-milis saham lain,
semoga pemahaman akan resiko di pasar finansial (saham/options/forex)
semakin bagus.

Sekedar cerita saja, saya sering gemes lihat iklan-iklan seminar
saham/options di koran yang memajang contoh alumni yang bisa profit
ratusan/ribuan persen di trading options/saham. Kayaknya pemasang
iklan itu menganggap pembaca koran itu bodo banget. Apalagi melihat
kenyataan bahwa mereka itu rata-rata orang Singapore, jadi seolah-olah
kita orang Indonesia ini diexploitasi bener oleh orang sana. Sudah
sumber daya alamnya disedot, koruptor yang sembunyi di sana ndak boleh
diextradisi, masih juga dikibulin dalam soal trading saham. Nah,
belakangan saya lihat iklan seminar itu (particularly T3B seminar),
sudah lebih membumi. Dan anehnya, istilah-istilah yang muncul di milis
OB, juga muncul di iklan itu. Aku kira staf T3B itu ada yang jadi
member di milis OB juga. Contohnya begini :

"Bisnis saham" :
Dulu biasanya menggunakan istilah bermain saham, sekarang jadi bisnis
saham. Istilah ini kalau ndak salah diangkat di milis OB oleh pak JT

"Obyektif dan menghindari subyektifitas" :
Berbeda dengan SP yang banyak mengandung personal judgment, sistem
yang digenerate/dijalankan oleh komputer (seperti WDWL) relatif lebih
obyektif

"(Praktis dan) simpel" :
Ketimbang mengatakan bahwa metodenya canggih (dan secara implikatif
rumit, biar kelihatan sophisticated bagi orang yang unsophisticated,
hehehe), sekarang mereka lebih menekankan pada (pengalaman)
penggunaannya yang (praktis dan) simpel

Sayangnya, pada iklan itu, soal perlunya Cut Loss tidak disebut,
seolah-olah semua tradingnya pasti profit (namanya iklan wajar aja,
menghindari kata-kata berenergi negatif, hehehe)

Ke depan saya harap akan muncul potensi-potensi lokal yang dapat
mengembangkan layanan semacam itu (toh ilmunya itu-itu aja, moving
average, stochastic, SAR dll) yang lebih menonjolkan bagaimana layanan
tersebut membuat trader lebih mudah mengambil keputusan yang rasionil
ketimbang menjanjikan hasil yang muluk-muluk.

Rgds

Kirim email ke