From: dario kurniawan <darioamran1...@yahoo.co.id>
Date: Sun, 7 Feb 2010 19:35:56
To: <obrolan-bandar@yahoogroups.com>
Subject: Bls: [ob] Arah DJI  Berikutnya .

khan ane udah bilang kamis lalu preapare hammer hammer....ehhhh masih dikerjain
akhirnya jumat baru dikasih hammer (ijo pula)...short term naik dulu
lah....hehehe.....trader call..

DarioAmran

Dari: troyan <troyan...@yahoo.com>
Judul: [ob] Arah DJI  Berikutnya .
Kepada: obrolan-bandar@yahoogroups.com
Tanggal: Minggu, 7 Februari, 2010, 6:28 PM

      Ane tadi mikirnya gelombang bearish akan melakukan sapu bersih ke bawah,
tapi belakangan rasanya pemikiran ane perl diralat setelah memperhatikan
rebound DJI di Jumat malam dengan pertimbangan sbb :

1. Rebound sebanyak 165 point dari low dalam waktu singkat (sekitar 1 jam
terakhir) bukan main-main dan jelas tidak dilakukan oleh retailer (yang
diyakini masih dalam suasana fear), ini pasti dilakukan oleh market maker.
Alasan yang saya baca mengenai alasan rebound tersebut adalah karena adanya
optimisme dan keyakinan bahwa negara yang mengalami kesulitan keuangan di Eropa
akan dibantu oleh negara Eropa tetangganya. Hmmmm menurut ane alasan ini
terlalu lemah untuk menjustifikasi rebound sebesar itu. Saya lebih yakin bahwa
market maker sudah merasa berhasil  membuat cut loss pihak yang dipenuhi fear,
sehingga terjadilah false break. Kalau asumsi ini benar, maka sudah dapat
diduga kemana market maker akan mengaragkan DJI (setelah membuat CL pihak2 yang
dipenuhi fear).

2. Sebelumnya ane udah curiga dengan penurunan dow yang demikian cepat dan
tajam tanpa alasan yang cukup kuat (penurunan tajam bahkan telah terjadi
sebelum issu kekuatiran kegagalan masalah keuangan di yunani, portugal dan
spanyol mencuat). Jika ane adalah market maker dan bermaksud mau cuci barang
(karena tau DJI akan crash dalam jangka menengah atau panjang karena masalah
keuangan negara2 eropah itu, yang pasti ane udah punya informasinya sebelum
diberitakan di media), penurunan indeks akan ane lakukan secara perlahan-lahan
(kalaupun harus minus, minusnya tidak akan terlalu dalam agar pelaku pasar
tidak curiga akan terjadi crash dan kegiatan cuci piring ane berjalan lancar).
Yang ane liat proses ini tidak terjadi sebelum terjadinya penurunan DJI yang
cepat dan dalam itu.

3. Perlu diingat juga bahwa sebelum crash tahun 2008, masalah bubble dan
penurunan nilai property sudah diketahui terjadi di US namun crash belum
terjadi dan bahkan DJI masih terus naik. Jadi (analoginya) seandainya masalah
keuangan negara2 eropah ini adalah nyata seperti masalah properti dimaksud,
maka berita dan analisis tentang masalah keuangan negara2 eropah ini seharusnya
telah muncul di media dengan pengaruh yang tidak terlalu dalam ke DJI sebelum
diakhiri dengan Crash. Yang ane ketahui, masalah kesulitan keuangan negara
Eropah ini tidak terlalu banyak news dan analisisnya. Namun tiba-tiba
diledakkan diakhir proses penurunan DJI setelah mengalami koreksi tajam
beberapa hari sebelumnya karena news2 lain yang dikeluarkan. Yang lebih aneh
lagi, setelah news tersebut diledakkan dan terjadi panic selling, dalam 1 jam
terakhir ada pihak yang berani beli dan mengangkat index sebanyak 165 point.
Ini mustahil menurut ane akan terjadi kalau masalah keuangan
 negara eropah itu benar2 terjadi dan sangat mengkhawatirkan pelaku pasar
(bahkan market maker sekalipun). Jadi ane berkesimpulan bahwa ini hanya
strategi market maker untuk menciptakan fear dan memaksa cut loss kepada
mayoritas pelaku pasar di DJI, dan setelah itu terjadi, secepat kilat market
maker mengangkat harga2 saham (saham2 yang diangkat justru saham2 yang
sebelumnya dijatuhkan dengan ditempeli berita2 buruk) dan index DJI. Kasus ini
menurut ane lebih seperti kasus Dubai, yang akhirnya berlalu begitu saja tanpa
diikuti dengan crash di DJI.

Hanya mencoba menganalisa. Sorry Kalo salah.

      Lebih Bersih, Lebih Baik, Lebih Cepat - Rasakan Yahoo! Mail baru yang
Lebih Cepat hari ini! http://id.mail.yahoo.com

Kirim email ke