Mbah, ngga usah kaget, Mbah. Ini saya kutipkan status saya di FB pagi
ini terkait tindakan FED tersebut.

-----------
FED menaikkan discount rate dari 0.5% menjadi 0.75% setelah market
closed. Ada yang berpendapat bursa saham akan jatuh kembali. Menurut
saya, jangka pendek atau harian, bisa saja ada sentimen negatif, tapi
jangka menengah akan naik. Logikanya, FED berani menaikkan discount
rate karena melihat ekonomi AS sudah menunjukkan tanda2 bangkit
kembali. Sekarang terserah masing2 mau lihat dari sisi yg mana, that's
your call.
-----------

Sejauh ini semua masih sesuai perkiraan analis. Semester dua,
diperkirakan FED akan mulai menaikkan suku bunganya karena ekonomi AS
memang lagi mulai bangkit. Suku bunga memang harus dinaikan untuk
mencegah hal2 yg tidak diinginkan. Akan berbahaya kalau ekonomi mulai
bangkit dan ngebul, suku bunga terlalu rendah seperti sekarang. Jadi
harus disesuaikan sampai ke level yang wajar, tidak terlalu rendah
untuk menjaga pertumbuhan tetap normal.

Sejarah sudah mengajarkan ke kita, ketika suku bunga dinaikan, bisa
saja terjadi penurunan sesaat karena kaget, tapi kemudian akan naik
kembali mengikut fundamental makro nya yang memang lagi mau bullish.

Sebaliknya, ketika fundamental ekonomi lagi kacau, bearish, maka FED
mulai menurunkan suku bunga. Respon bursa bisa saja naik sebentar,
karena berharap.com, tapi kemudian akan turun kembali karena memang
trend ekonominya sedang bearish alias menurun.

Jangan lupakan sejarah, begitu kata Bung Karno dulu....hehehehe :)

Jadi, kalau hari ini BEI mau turun lagi, ya silakan saja, malahan
bagus. Bisa dapat barang lebih murah. Apalagi sekarang khan hari Jumat
ya, biasanya orang bersih2 posisi untuk lihat hari seninnya seperti
apa. Tapi kalau bandar mau jadi kontrarian, ya silakan juga. Bandar
BEI jangan dilawan, ikuti saja kemauan mereka :)

IAN

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: