From: "my_widya" <m_wi...@yahoo.co.id>
Date: Fri, 05 Mar 2010 09:24:20
To: <obrolan-bandar@yahoogroups.com>
Subject: Re: [ob] Komentar thd Pidato SBY LIVE on TV

kutipan :
http://id.wikisource.org/wiki/Upaya_Pemerintah_dalam_Pencegahan_dan_Penanganan_Krisis/Bab_II

Suara Karya, 24 April 2008

"Jika terpaksa, pemerintah tak perlu ragu merevisi APBN-P 2008. Atau,
pemerintah juga bisa menggunakan opsi yang telah diberikan DPR jika harga
minyak terus meningkat. "Dengan harga minyak yang sudah hampir mendekati 120
dolar AS per barel, pemerintah sudah harus reaslistis. Tanpa pemotongan subsidi
dan penghematan penggunaan BBM, bisa jebol ekonomi kita," katanya. Adiningsih
mengingatkan kerawanan ekonomi yang akan dihadapi Indonesia. Perekonomian
nasional mudah terguncang karena tekanan harga minyak. Belum lagi faktor
fundamental yang masih rapuh. "Saat ini pemerintah harus mulai berpikir dan
bertindak untuk jangka panjang. Jangan sampai sendi-sendi ekonomi terlanjur
rusak," ujarnya

Sri Adiningsih, Analis dan Ekonom

Opiniindonesia.com, 10 Oktober 2008

"Kehancuran ekonomi di Amerika sudah menjalar kemana-mana, tidak hanya sektor
finansial"

Hendri Saparini, Ekonom Econit

Kompas.com, 28 April 2008

"Saat krisis terjadi, BI dan Pemerintah tidak akan memiliki cukup waktu untuk
berdebat. Kebijakan mendasar harus diputuskan tidak dalam hitungan hari, namun
hitungan jam, bahkan menit. Terlambat sedikit saja bisa menghancurkan pasar
keuangan"

Bambang Soesatyo, Anggota DPR 2004 – 2009

Okezone.com, 9 Oktober 2008

"Pemerintah harus menentukan manuver-manuver politiknya dan segera melakukan
tindakan untuk meredam krisis yang sedang melanda Indonesia. Pemerintah
sebaiknya mengambil langkah nyata selagi Indonesia belum merasakan benar
jalaran badai krisis AS. Kita bisa ambil contoh bagaimana negara bagian Florida
bergerak cepat mengungsikan warganya ketika badai Katarina menerjang daerah
tersebut"

Drajad Wibowo, Ekonom dan Anggota DPR Komisi XI Periode 2004-2009

Kompas.com, 2 Desember 2008

"Harus ada upaya konkret, upaya mencegah krisis sejak dini. Harus dipetakan
sektor apa saja yang paling kena krisis. Dampak krisis terhadap APBN. Baiknya
disampaikan hal terburuk yang berakibat dari krisis jadi dicari jalan keluar.
Dalam krisis ini harus ada langkah berani dari pemerintah untuk mengantisipasi
krisis. Kalau dikatakan ada kebijakan stimulus fiskal. Dalam tahun normal pun
ada kebijakan itu. Harus ada kebijakan yang berbeda"

Ahmad Hafidz Nawawi, Anggota DPR Komisi XI Periode 2004-2009

Kompas.com, 2 Desember 2008

"Kita terkejut dengan dampak krisis global terhadap Indonesia. Ini tidak
main-main akan ada kebangkrutan industri dalam jumlah besar dan pasti ada PHK
massal. Harus ada langkah serius yang konkret dari pemerintah guna mengatasi
krisis yang dampaknya diperkirakan mulai terasa semester pertama tahun depan.
Apa yang dikemukakan pemerintah tidak ada yang potensial untuk selesaikan
masalah. Kalau ada demo besar-besaran pekerja tekstil yang PHK pemerintah
jangan kaget"

Ramson Siagian, Anggota DPR Komisi XI Periode 2004-2009

Suarakaryaonline.com, 22 November 2008

"Negara harus melakukan penyelamatan karena proses business to business tidak
bisa direalisasikan. Mungkin juga karena penyelamatan secara bisnis maupun
legal tidak layak… kasus Bank Century ini dikhawatirkan menimbulkan kecemasan
masyarakat menyangkut keamanan dana mereka di perbankan nasional. Karena itu,
ujarnya, pemerintah makin urgent menerapkan penjaminan penuh terhadap simpanan
masyarakat di perbankan."

Drajad Wibowo, Ekonom dan Anggota DPR Komisi XI Periode 2004-2009

Suara Pembaharuan, 13 Oktober 2008

"…Pemerintah harus segera bertindak cepat guna mengantisipasi krisis yang sudah
melanda pasar modal meluas ke perbankan.."

Mauarar Sirait, Anggota DPR 2009 – 2014

Inilah.com, 13 November 2008

"Krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia saat ini baru tahap awal. Sebab,
masih akan ada lagi tahap-tahap yang lebih parah, jika Pemerintah tidak tanggap
dan sadar. Perekonomian di 2008 adalah tahun gelembung, karena banyak
perusahaan yang berpusat di sektor finansial."

Rizal Ramli, Ekonom

Suarakarya-online.com, 17 Desember 2008

"Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, dampak krisis jelas sudah demikian
terasa, yakni jatuhnya nilai IHSG di Bursa Efek Indonesia hingga penutupan
aktivitas bursa beberapa waktu lalu. Dampak krisis paling nyata juga terlihat
dari turunnya omset ekspor produk-produk Indonesia ke pasaran dunia, terutama
AS dan Eropa, termasuk produk yang dikelola oleh pengusaha bidang usaha kecil
dan menengah (UKM) hingga industri besar nasional. Kesulitan diperkirakan
semakin besar karena penguatan pasar domestik yang diharapkan bisa menyerap
berbagai produk nasional belum bisa maksimal"

Avilliani, Analis dan Ekonom

Kompas.com, 2 Desember 2008

"Perekonomian Indonesia sekarang ibarat menyimpan api dalam sekam. Bila tidak
diselesaikan dengan cepat akan berdampak sistemik terhadap berbagai sektor.
Terutama perbankan masalah yang terjadi dengan Bank Century bisa saja terjadi
dengan bank-bank lain. Jangan diremehkan. Harus ada antisipasi dari pemerintah
dan Bank Indonesia"

Melchias Markus Meneng, Anggota DPR Komisi XI Periode 2004-2009

Suarakarya-online.com, 18 Desember 2008

"Dampak dari krisis ini bukan hanya ancaman pengangguran, melainkan lebih dari
itu, yakni penurunan kualitas hidup masyarakat. ... Kondisi ini sudah terlalu
sulit untuk pemerintah mencari jalan keluarnya. Sebab, krisis saat ini sangat
berbeda dengan krisis 10 tahun silam (1998). Pada krisis moneter 1998, hanya
kalangan tingkat ekonomi atas saja yang merasakannya. Krisis kali ini memukul
rata perekonomian masyarakat di setiap kelas."

Ichsanuddin Noorsy, Ekonom

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "**bLi iNdRa**" <bli_in...@...> wrote:

> Mereka itu plinplan pak, mencari sekutu yg mereka rasa kuat dan bersatu utk 1
> tujuan: pemaksulan...
> Contoh: kl mereka emang mau membelot dari koalisi, kenapa mereka ga tarik aja
> menteri2nya?
> Bener2 benalu...
> Selalu mengatasnamakan rakyat? Rakyat yg mana??
> Yg pasti kepentingan pribadi dan partai diatas segala2nya...
> Yg mari kita lihat selanjutnya pemerintah mau counterattack mereka dg cara
> bagaimana:)
> Ini yg saya tunggu:p hehehe
>
> Best Regards
> [...]

Kirim email ke