--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, Kaisar <macrore...@...> wrote:

> Mbah,
>
> Maaf utk disagree. Jangan sampai misleading. Semua perusahaan seharusnya bisa
> dianalisa dari laporan keuangan. Yang rumit dari B7 bukan laporan
> keuangannya. Tapi lebih condong kepada gaya managementnya yang susah ditebak.
> Contohnya menebak Corporate Actionnya. Siapa yang bakal tahu kalau akan
> akuisisi ini dan itu dengan sejumlah hutang dan right issue. Belum lagi
> ditambah dengan aksi REPO, dll. hehe.. lengkap deh.

Bagi saya gaya/strategi manajemen adlh aspek2 yg kadang sulit diikuti oleh
FA'ers...

Saya bukan FA'ers; tp sy selalu tertarik kalau bicara "strategi" utk hal
apapun...
Contoh kasus B7;
Tempo hari BUMI mendpt pinjaman dr CIC dg rate yg cukup tinggi.
Yg saya analisa kenapa BUMI mau?
- Apakah BUMI kena jebak "bisnis rente"?
- Apakah BUMI sedang kepepet doeit?
- Apakah BUMI punya suatu "big plan"?
Kemarin mereka akuisisi Newmont, masih adakah "newmont2" lainnya, yg lbh
menarik hingga dana mahal mau saja diambil?
- dst...

Masih banyak strategi2 LAIN yg mungkin secara FA sulit dipahami karena
berkaitan dg VISI...
Dimana ditunjukkan oleh Embah; melakukan gambling dan berharap HOKIE dg resiko
yg terukur...

Hal seperti ini yg melandasi kenapa saya punya prediksi bahwa kenaikan BNBR
(hingga pd saatnya nanti) yg TERENDAH dibandingkan "anak2"nya?
Itu karena BNBR adlh HOLDINGnya B7...
Alasannya? Hehehe....

Coba bandingkan dg kenaikan BHIT yg sama2 holding dr Bhakti grup, tapi dia
mampu lebih "tinggi" drpd anak2nya...
Mestinya ini karena strategi manajemen yg BERBEDA dg B7...

FA'ers mungkin BISA menjawabnya dg kapitalisasi, valuasi, dst...
memang pantas BHIT dg BNBR harga "segini"...

Tapi para trader tetap melihat BHIT lebih liar/menarik drpd anak2nya dibanding
BNBR paling "parah" drpd anak2-nya
Hahaha....

> Untuk investasi jangka panjang seharusnya bisa dilihat dari Lapkeu.Terkecuali
> untuk trading. Contohnya ENRG. Kenapa sahamnya masih banyak yang suka padahal
> sudah jelas2 hutang dan kerugiannnya gak tanggung2. hehe.. Apakah ada udang
> di balik lumpur kah?

Prediksi saya ENRG akan naik byk karena mereka AKAN mampu membuat lumpur itu
jadi DOEIT...
Tapi saatnya bukan sekarang...still on progress....

Sekali lagi ini semua cuma TEBAKAN saya thd strategi manajemen ala B7...

Oentoeng

Pendekar Tangan Kosong