Dear All,

Open Ended itu adalah kebalikan dari Close Ended.

Nah supaya mudah, saya jelaskan demikian .. Close Ended itu persis seperti
dengan IPO suatu perusahaan.

Close Ended, sekali dia IPO sudah tidak bisa menambah jumlah saham.

Kecuali Right Issue, atau Saham Bonus.

Open Ended, R-45ETF ini adalah sebuah reksadana indeks.

reksadana indeks itu menjadikan dirinya bergerak beriringan dengan suatu
indeks acuan.

dalam hal ini R-45ETF menggunakan indeks LQ45.

berpikir simpel dulu ..

TFI (selaku manajer investasi) pada saat IPO nanti akan menerima sejumlah
uang (SPONSOR, Dana Pensiun, Investor Retail).

Katakan XX Milliard.

Satu hari sebelum IPO, dana ini akan digunakan untuk membeli saham-saham
yang tergolong di dalam saham-saham kelompok Indeks LQ45 sesuai dengan
komposisi (bobot) masing-masing saham di indeks LQ45 tersebut.

Ambil contoh TLKM bobotnya sekitar 21% di LQ45

Nah pada hari itu akan dihitung optimalisasi pendekatan dengan indeks LQ45,
saham-saham mana saja yang dapat dipilih. Kira-kira 20 kode saham.

Setelah terpilih kode-kode saham tersebut (TLKM, BBRI, BBCA, ASII, dst),
maka akan dihitung total bobotnya, kira2 mencapai 85% dari keseluruhan
kapitalisasi pasar Indeks LQ45.

Selanjutnya dilakukan pembobotan kembali sampai mendekati 100%.

Nah dengan Uang yang sudah terkumpul tadi akan dibelikan saham-saham yang
sudah dipilih.

Jadilah sebuah Reksadana dengan total asset XX Milliard.

Nah selanjutnya akan diputuskan NAB awal adalah sebesar Rp. 1.000,-

Maka XX Milliar akan dibagi dengan 1.000,-

akan munculan lembar saham R-45ETF yang akan beredar di bursa efek jakarta.

Nah selanjutnya saham-saham ini akan didistribusikan kepada pemiliknya di
sekuritas masing-masing, sehingga mereka bisa mentransaksikannya di PASAR
REGULER Bursa Efek Jakarta.

NOTE : PEMILIHAN SAHAM DIDALAM LQ45 untuk R-45ETF ini menggunakan metoda
Sampling, bukan Full Replicate terhadap 45 saham dalam kelompok LQ45, karena
hanya dengan sekitar 20 saham saja, sudah mencerminkan pergerakan indeks
LQ45. Dan juga dilakukan demikian untuk pendekatan efisiensi.

Kiranya ini sedikit penjelasan dari saya,

mohon tanggapan, terima kasih.

Regards,

Patric

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "investor_ngesot" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> saya udah ikut seminarnya dan baca websitenya..  tp masih gak ngerti

> dengan istilah 'open ended'.   Apa itu maksudnya..?

> jadi kesimpulannya ETF ini invest di saham perusahaan investasi yg

> menyusun portfolionya dari LQ45 gitu ya.. bukan dari performa

> portfolio LQ45 itu sendiri ?  tolong dijelaskan pak..

> tks

> yang "mengambil"

Kirim email ke