TRULY INSPIRING.... Tulisan yg BENAR2 LUAR BIASA
dan INSPIRATIF !!!!

Pak Budi Suryono bener2 seorang PROFESIONAL TRADER, kita kita
MUSTI belajar banyak dari suhu Budi kalo mau jadi Top Dog
Trader ...

Semoga pak Budi mau mengasuh kita terus agar kita bisa
ikutan jadi seorang trader PRO seperti pak Budi.

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, budi suryono <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Dear pak Gunawan.
>   sorry baru bisa menjawab sekarang.
> Money management dalam pengertian saya simple pak,yang bisa saya
resume sbb:

>   1.Yang pasti philosofinya yang utama preserving capital.gak punya
capital artinya gak bisa partisipasi next oppotunity,out of
bussines.Hal ini saya apply dengan cut loss cepet.saya gak pernah
tahu apa yg terjadi didepan,begitu posisi loss sampai level tertentu,
pasti saya buang dan gak pernah coba2 untuk average down.Dengan
cutting loss cepat protofolio saya bersih dari yang merah,isinya ijo
semua.proceed hasil cut loss cenderung untuk avg up atas posisi yang
udah untung.Saya cut loss regularly and religiously.dengan demikian
asset saya selalu liquid sebagai modal yg selalu tersedia untuk
spekulasi di next/new opportunity.

>   2.Yang kedua Optimizing Capital,kalau first buying ,kelihatan
untung, HOLD, jangan cepat ambil profit,jangan ngibrit, market akan
rally 1-2 hari dan kemudian ada market reaction,harga turun lagi,
tugas saya bertahan untuk cek support(gak usah woory profit akan
ilang), dan seharusnya kalau saya benar,market akan balik,dan
membentuk small konsolidasi dan akan ada next break,dimana itu
kesempatan nambah posisi,dari mana asalnya duit? simple, buang
posisi2 yang loss,dan avg up di winning position,atau gunakan
margin.Sekarang sudah di second leg rally.Hold.saya awasi daily
volume dan kenaikan harga.selama masih normal (steady accumulation
dan steady uprising) saya biarkan, akan ada next konsol,disini saya
sudah mulai nyari support level utk locking prorfit, kalau lolos
level ini dan bentuk next break,mungkin sy avg up sedikt utk riding
3rd leg. dst.Dengan demikian portofolio saya kalau posisi bagus
cenderung terkonsentrasi pada 1-2 sham saja (ini menurut saya salah
satu bentuk
>  MM) .Intinya kalau untung hold dan avg up an let the profit
run.ini akan menambah posibility kalau saya bener a big money will be
made.

>   Ringkasnya cutting my loss short , hold the winning trade,avg up
n letting my profit run utk mengharap big profit.Cutting loss quickly
merupakan wujud spiritualitas dan respek saya terhadap Market(tidak
perduli sahamnya gorengan ,rebusan,bluechips,undervalue or over
value), nggak mau cut loss artinya saya mengangap diri sendiri
seperti Dewa yang gak bisa salah,saya hanya manusia biasa dan saya
tidak meletakkan pride saya di posisi trading.Sedangkan Hold profit
dan avg up merupakan wujud spirit dan harapan saya terhadap
market,hoping for spectacular profit.

>   Ada adagium yang menjadi favorit saya (yg saya quote dari salah
satu buku trading) dan sesuai dgn tema ini "While ameteurs go broke
by taking large losses,profesional go broke by taking small profit"
yang menunjukkan cutting loss quickly dan hold profit itu merupakan
kesatuan yang tak terpisahkan seperti Yin dan Yang.

>   Realitasnya secara number of trades, saya sangat banyak mengalami
lossing trades(akibat cutting loss cepat) sementara winning trades
sedikit (tapi profit substansial secara absolut).Saya banyak
mengalami open profit yang ilang (konsekuensi dari letting the profit
run). Client saya kebanyakkan keqi melihat cara saya trading
(khususnya yang trader),Beli di harga super mahal, banyak trades yang
udah untung dikit jadi loss dikit, dan konyolnya sering dibeli balik
di harga yang lebih tinggi ,Beberapa trade yang udah untung 20%
diclose dengan untung cuman 10%(open profit ilang separuh) dan ada
satu dua trade yang untung lumayan gede gak cepet diclosed untuk
offset loss2 yang terdahulu,malah avg up.dst. Tapi setelah beberapa
bulan mereka realized setelah melihat net final return dan untuk
selanjutnya mulai comfort, so saya harus educate my client as well.

>   Kebanyakan pemain punya tendensi untuk has to be right over most
the time,sehingga ada tendensi kalau untung harus cepet diambil
sedangkan kalau rugi di hold ,kalau perlu average down berlawanan
dengan strateg Money Management diatas.Kalau operate dengan cash gak
masalah paling returnya yang mediocre,tapi kalau operate dengan
margin,karir di bidang spekulasi akan berumur sangat pendek.Kita
tanya aja player yang main selama 1 tahun terakhir di Poly,TMPI
antara golongan yang Avg Up vs golongan yang Avg Down (lepas dari
timing,teknik trading atau level berapa mereka ambilnya) bagaimana
kesan2nya?

>   Melawan naluri? melawan human instinct? Psychologically
uncomfotable? ya ,sama halnya utk menjadi top atlet itu
psychologically uncomforable, bangun pagi latihan,siang latihan sore
hari harus tidur cukup,gak bisa dugem semaunya,makan harus dijaga,
sehari2 terima semprotan pelatih dst..dst. To be a TOP DOG is
pychologically uncomfortable awalnya,tapi selanjutnya akan sangat
mudah.

>   Saya percaya dengan Luck,tapi saya sangat percaya bahwa Luck
harus di manage secara sistematis,dengan cara seperti diatas yaitu
cut loss quickly supaya gak jadi bad luck dan kalau bener (kelihatan
untung) push and stretch my luck dengan avg up position dan hold ,
dengan demikian on the long run Luck akan menjadi Fortune.

>   Saya percaya pada Streak. Idealnya gak ada streak,dimana
porfitable trade dan lossing trade gantian. Tapi di realitasnya nggak
begitu, ada kalanya kita mengalami periode lossing streak,yaitu
berturut loss,loss dan loss, ada sisi lain ada periode profit profit
dan profit. Dalam menghadap lossing streak, saya cenderung menurunkan
size trading sampai lossing streak berakhir(cenderung defensive)
begitu memasuk winning streak,saya cenderung agresive dan sangat
agresive. (ini merupakan salah satu bentuk lain dari MM)

>   Mengenai berapa percent risk capital untuk 1 singgle trade, itu
bisa 2-5%,(artinya lossing trade gak boleh lebih dari angka tsb
diatas) Tapi saya apply awal 2 trading(biasanya pada set up trading
account baru dan di General market sideways) Setelah berjalannya
waktu, trading account udah menunjukkan profit lumayan ,say 30-40%,
saya mulai agresif,saya mungkin risking 10-20% dari last reval
equity, dengan syarat General market mendukung seperti saat ini.

>   Saya juga percaya bahwa MM skill ini bisa dilatih, awalnya dengan
size kecil dan cash,lama lama akan terbiasa dan pulling the triger
akan menjadi reflek ,seperti kita main badminton/pingpong saja, kapan
waktu smash,kapan defend,dst.Di MM ini kalau sudah terbiasa,tahu
kapan harus berani trade dengan jumlah besar, dan kapan trade dengan
size main2,dan kapan get out secepatnya at all cost dengan
reflek/otomatis.Dan jangan melihat itu duit,jangan bandingkan dengan
gaji yang kita terima ajeg bulanan tapi anggap saja score main Video
Game biasa.

>   Wanna be a Top Dog? Shift your paradigm! Ini sebenarnya
simple ,merely a take and give game, Hanya kita yang sudah dewasa dan
sekolah ketinggian biasa membuat hal simple jadi susah dan ruwet.

>   Akhir kata,(mungkin sedikit telat) untuk yg merayakan ,saya
ucapkan "Selamat Idul Fitri 1428 H,Mohon Maaf Lahir Bathin"

>   salam
>
> gunawan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>             Pak Busur, bisa sharing lebih jauh tentang money
management. saya merasakan hasil money management dari bbrp trade
terakhir, tapi ngga tau apakah money management yg saya lakukan sudah
benar atau belum. Mungkin sharing dari bapak dan temen temen soal
money management bisa jadi benchmark saya .

>   thx
>   gunawan
>   yk

> Shape Yahoo! in your own image.  Join our Network Research Panel
today!

Kirim email ke