numpang nimbrung..

definisi "risk" kl menurut saya adalah 'kadar ketidak tahuan terhadap
ketidak pastian'

ilustrasinya gini, semisal saya punya duit 1M maka saya pilih taruh
di reksadana saham saja, dan hanya sebagian saja sekitar 20% taruh di
saham utk maximizing return (short term).

saham = berinvestasi langusng di perusahaan. secara long term pemilik
perusahaan di suruh ngasih 40% / taun pasti pada gemeteran :)

tergantung dari jenis industri, tp rasanya 25% / tahun secara LONG
TERM (5 th) bagi perushaan udah bagus banget.

jadi kalau DO NOTHING dapet 40-50% setaun di reksadana saham sy kira
bagus banget (usahanya ya baca2 koran dikit :) blum lagi exposure
naruh duit 1M spt ilusrasi di atas.

tolong dikoreksi kl salah, namanya jg masih belajar... kalau ada tips
manjur lain dari para suhu pls di share :)

salam

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, SSTrader-03 <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Numpang tanya ....
>
> Apakah ada yang pernah membandingkan antara Investasi di *Saham*
(long term)
> dengan
> investasi di *Reksadana Saham* ?
>
> Return serta risk-nya enak mana ?