Cm sedikit masukan aja si Kang. Batu bara adalah energy fuel yang dipakai
untuk proses pembakaran di Tanur. Biaya energi untuk pembakaran ini adalah
salah satu komponen terbesar dari cost semen, selain juga energi listrik.
Bahkan kalo bisa lebih maju lagi, batu bara bisa disubtitusikan lagi dengan
energy fuel yang berbiaya lebih murah (seperti CPO, rice husk, etc, tp
harusnya oil sangat dihindari untuk digunakan karena berbiaya mahal). Itu
jamak di industri semen. Sangat tidak efisien kalo ada cement
plant yang mengadalkan oil untuk proses pembakaran di tanur. Oil hanya
dipakai untuk heating up cement plant. Kalo untuk oil untuk transportation
cost itu sudah pasti, tp secara overall biayanya masih lebih kecil dari Batu
Bara. Ini saya tahu karena kebetulan saya pernah berada di-industri semen
walau tidak lama.

Mohon maaf kalo ternyata salah ya Kang. Cuma sekedar sedikit sharing aja
dari saya yang kebetulan agak sedikit tahu ini. Trims atas sharing2nya Kang.

On 11/22/07, kang_ocoy_maen_saham <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>   SMGR tp relatif masih lebih banyak yg pake oil dibanding Peers nya..
> belum semuanya pabrik dy pake batu bara.. bisa di cek, kalo peersnya
> udah selangkah lebih maju sih...
>
> sama ada yg lupa, oil itu maksudnya jg ongkos transportasi..
> komponen biaya yg BESAR dr semen adalah transportasi.. makanya SMGR ga
> akan pernah bisa ngegoyang dominasi INTP di jawa barat krn costnya
> akan tinggi.. makanya pabrik semen dicari yg deket ke bahan baku
> sekaligus deket ke pusat konsumen.. supaya hemat transportasi.. bisa
> ngelebarin margin... cuman kalo pembangunan diluar jawa sudah mulai
> [...]

Kirim email ke