Dear Feli dan semua member baru,

Selamat datang di milis OB, milis saham dan investasi yang relatif "bebas"
dalam artian bebas berpendapat. Moderator milis adalah Embah (JSX
Consultant), beliau yang mengelola milis ini dan merupakan senior yang
sangat dihormati disini.

Perlu diingat milis OB kadang jauh dari kesan "beradab", apalagi saat market
sedang volatile. Banyak sekali provokasi dan analisa, sehingga kita perlu
membekali diri dengan pengetahuan mengenai pasar modal dan teknik
trading/investasi. Anggap semua posting disini sebagai WACANA, anda tetap
harus melakukan analisa sendiri karena segala keputusan investasi berada di
tangan anda.

Secara garis besar ada dua macam analisa yang "umum", yaitu Technical
Analysis (TA) dan Fundamental Analysis (FA), masing-masing memiliki
kekurangan dan kelebihan, sehingga kita sebaiknya mempelajari kedua hal
diatas. Namun Embah menemukan ilmu baru yang disebut dengan "Bandarmologi"
(ini sebaiknya embah langsung  yang menjelaskan)
*
Things to watch:*
TA: Trend, Volume, Breakouts/Spikes, Candle pattern, Waves
FA: P/E, DER, Earning, Growth, GARP
BA: Corporate Action, Money Flow (?)
Sector picks (Long term): Coal, Metal, Energy, CPO, (Mid term): Banks,
Telcos

Apabila anda asing dengan istilah-istilah diatas, SEBAIKNYA anda meluangkan
waktu sejenak untuk mencari informasi mengenai hal-hal diatas, bisa dari
training, maupun search di google. It takes time, but It will save you a
lot. Remember, stock market is a WAR ZONE. Kekuatan mental sangat penting
disini, makanya saya sarankan untuk belajar dulu agar punya bekal, agar
tidak terombang-ambing.

Untuk selanjutnya anda bisa melihat arsip milis OB di
*
Good luck, and have fun!

*Regards,
DE