kalau nantinya fitur ini ada, pelanggan perlu menyadari bahwa
sekalipun harga-nya kena di limit tsb, tidak ada jaminan bahwa
order-nya PASTI done di harga segitu.

contohnya begini:
katakan saya masukkan order sell limit saham X di harga 2500 (close
sebelumnya 2400)
kalau menggunakan logika programming dibawah ini, order ke BEI akan
dimasukkan ketika last price di running trade menyentuh harga 2500.
tapi, ketika order ini masuk ke BEI, mungkin akan dapat nomor antrian
paling belakang. karena bukan tidak mungkin sudah ada orang lain yang
masukkan order jauh lebih awal dari saya utk sell di 2500.

ketika harga kemudian turun terus hingga market tutup maka order saya
tidak DONE.

disini ada kesempatan dimana pelanggan akan protes karena sudah order
sell limit di 2500 dan ketika harga kena di 2500, ordernya malah tidak
done.
akibatnya nanti malah bisa dispute antara pelanggan dan perusahaan sekuritas.

hal yang kurang lebih sama akan terjadi ketika harga gap up atau gap down.

again, fitur ini benar2 berguna. soal implementasi di lapangan, orang
Indonesia pasti bisa lah (segitu banyaknya univ dgn jurusan IT, mosok
gak ada yang bisa?)
tapi sisi lain yang juga perlu disiapkan adalah kesadaran dari
pelanggan dan kayaknya ini yang paling susah.

salam,
paulus

Kirim email ke