Maaf Mbah saya bukan senior boleh kan ikutan nimbrung,

Kalau menurut perkiraan saya berdasarkan hukum PARETO 80:20, maka
beberapa hari ini hampir 80% RETAIL masih nyangkut dan belum mau CUT
LOSS, nah dari yang 80% nyangkut ini diperkirakan akan bertahan lebih
kurang 1-2 bulan lagi, karena sebenarnya banyak juga yang nyangkut
sejak bulan-bulan NOVEMBER 07. Sebagian akan berusaha sekuat tenaga
untuk SABAR sampai laporan keuangan Q1, ingat kejadian akhir tahun
ketika ditiupkan angin surga WINDOW DRESSING, meskipun yang terjadi,
hanya sebagian kecil saham yang benar-benar naik.

Pilihan yang sangat sulit saat ini bagi RETAILER adalah:
- CUT LOSS sekarang dan CHECK IN lagi nanti ketika dia pikir akan
REBOUND, tapi kok sepertinya sudah kepalang BASAH dan takut hari ini
CUT LOSS trus besok RALLY.

- HOLD sampai IHSG benar-benar REBOUND, bukan halusinasi seperti yang
sering terjadi belakangan ini, dengan konsekuensi seandainya saat ini
portofolio sudah minus 20% dan nantinya IHSG semakin terpuruk mungkin
akan portofolionya minus 30%-40%, dan ketika benar-benar REBOUND
paling-paling net GROWTH nya hanya  10% per tahun. So...buat scenario
PESIMIS (masih bisa ditoleransi gak? atau kalau ini yang terjadi akan
berpengaruh ke banyak hal, misal NIKAH batal), MODERAT dan OPTIMIS.

Jadi perkiraan 1-2 bulan itu juga tergantung kapan RETAIL akan POTONG
PADI (CUT LOSS) rame-rame, jadi ini bagi RETAIL seperti permainan
PENGHUNI TERAKHIR, saling bertahan dan siapa yang SABAR, ELING LAN
WASPADA yang akan SURVIVE.

Beberapa hari ini ada suatu pola OPEN GAP, NAIK dikit tapi trus TURUN,
seolah-olah BOZZ jualan, padahal bisa saja sebenarnya beli
(ngumpulin). Minggu depan apakah dengan cara ini juga?

note:
berpikirlah dengan JERNIH dan APAPUN KEPUTUSAN dan HASILNYA serahkan pada YMK.

rgds
anto

2008/3/14 jsx_consultant <[EMAIL PROTECTED]>:

> --- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "Jedi Master"

> HAMPIR TIBA?
>
> Embah belon tahu jawabannya...
>
> Mungkin pak Frederick Schubert, pak DE, pak Halim
> dan senior FA bisa kasih gambaran....

Kirim email ke