Tuan Buffet sudah 40 tahun lebih malang melintang di wall street, segala
pasar dan keadaaan sudah dilalui mungkin hanya Perang Dunia II aja yg belum
dilaluinya, dalam buku ybs kan dibilang semakin gonjang-ganjing pasar,
semakin banyak orang yg percaya pada peramal. Namun saat itu ramalan peramal
semakin tidak tepat. Analis dan peramal kan sesungguhnya sama, bedanya yg
satu pake komputer dan yg satu pake kemenyan, jadi anda mau percaya yg mana?
Jangan buyarkan analis anda terhadap saham anda yg benar-2 bagus, masa
karena gonjang-2 ini, anda harus melenyapkan semua analisis yg telah susah
paya anda semua lakukan selama ini. Elaine itu kan cuma sekelompok orang
dari fund global yg coba menggoyang pasar. Memang saya sedikti salut sama
ybs, waktu Agustus saya telat membuka e-mail, sedang Januari juga telat dan
baru awal Maret ini sewaktu pasar masih jatuh sedikit saya baca e-mail ybs.
Biarkan saja, biarkan mereka berbicara asal tidak fitnah, SARA. Itulah
hikmahnya berdemokrasi, Semakin banyak dikritik dan mengkritik akan membuat
kita semakin kuat dan dewasa. Orang akan terhindar dari salah bila sebelum
salah telah dikritik, berbeda bila orang berbuat salah dan dihujat setelah
salah padahal ketika ditanya sebelum berbuat tidak ada tanggapan.