sebenernya sih gak sesusah yg dibayangin orang2., its not rocket
science.. yg pernah dapet matakuliah dasar2 finance en akuntansi jg
pasti cepet bisa...

DCF-Firm orang umumnya udah anggep ribet duluan, padahal ga seribet
itu jg sih.. step2nya sih umumnya begini aja ko  ;

pertama2 kan proyeksi Income statement. ini dimulai dari
sales/revenues kan., proyeksi revenue umumnya dibuat dengan 2 pilihan
yaitu ;
 a. historical forecast (berdasar tren masa lalu, pelajari tingkat
pertumbuhan di masa lalu, berdasarkan CAGR, kemudian lanjutin tren
pertumbuhan itu sebagi forecast.)

atau cara kedua (biasanya lebih favor cara ke 2 ini)
 b. Lihat Prospek Industrinya dan faktor2 ekonominya industri dy
dulu(batubara ya liat perkembangan batubara, sawit ya liat sawit, trus
abis itu perkirain impact di industri itu thdp perusahaan, trus
perkirakan perkembangan internal (misalkan ada tambahan kapasitas, ada
force majeur yg bisa ngurangin output.. ya mencakup perkembangan
internal atau malah hambatan internal di perusahaan yg berhubungan ama
sales lah) abis semua info terkait diatas terkumpul trus dibuat aja
proyeksi revenue seperti kita semua tahu (VOLUME x Selling Price)

abis sales ketemu, kita perkirain operating expenses. ini sih biasanya
liat persentase terhadap sales dimasa lalu, trus berdasarkan informasi
yg kita perkirakan ato asumsikan apakah akan bertambah atau menurun.
biasanya elemen2 breakdown operating expenses ini ada di footnote di
lapkeu lengkap.

Abis operating expense kita perkirain selling and general expense. ini
biasanya kita lihat aja runutan agak kebelakang.., setiap
penambahan/pengurangan sebesar "sekian" di sales itu di S&G expenses
ini demand naik ato trun brp (biasanya sih naek jarang ada turun ;P)

biaya lain2 cara proyeksinya jg sama.

nah sales dikurang semua biaya diatas kan dapet tuh EBITDA

untuk Depresiasi sama Amortisasi tinggal kita hitung aja depresiasi
tahunan masa lampau berbanding Gross Fixed Assetnya dy (Fix asset
sebelum depresiasi) nah kalo udah kita dapet ratenya, tinggal kita
sesuaikan jika trennya naik (dan memang ada fakta penambahan fixed
asset juga di lapkeu) biasanya kita jg buat plug depresiasi ini naik.
tp plug depresiasi ini sebelum kita proyeksi Wajib kita cek dulu di
footnote lapkeu tahun terakhir dapet dr mana dulu dan pake metode apa
(biar lebih "sreg" gituh) hehe

abis itu kan interest, nah interest ini tinggal kita cek aja untuk yg
short term pinjaman/hutang ada punya brp dan di tingkat bunga brp.,
trus yg long term jg brp jumlahnya dan di tingkat bunga berapa., kalo
interest income sih bikinnya entar dr perkiraan kas trus dikali aja
tingkat bunga deposito. ato untuk interst income ini biasanya juga
di-0 kan oleh bbrp analis.

abis ebitda dikurangin depresiasi ama interest kan jadi earning before
taxes., yaudah tinggal dikurangi pake tingkat pajak disini dah (30%).

nah kalo udah trus dibagi apa ada buat minority apa engga.

nah udah deh Net Income jd. sampe sini doank buat DCF-E jg udah bisa nih.

abis itu proyeksi balance sheet., ini jg kaga ribet2 amat ko

Accounts Receivable sama Inventories juga bisa diproyeksi dengan 2
cara sama kaya diatas td. persentase dari sales., atau diproyeksi
berdasar data turnover masa lampau, trus kita perkirakan apakah
perusahaan akan mempercepat turnover apa engga trus diestimasi
berdasarkan turnover rasio yg kita perkirakan.Account Payable jg bisa
kita perkirain dari persentasi historis account payable berbanding COGS.

Fixed Asset biasanya kita perkirain dulu asset turnover rationya
berdasar data terakhir dan ditambah informasi terakhir tentang proyek
berjalan.

Debt biasanya nyambungin aja dr kondisi debt terakhir., ditambah
proyeksi DER yg mo dimaintain ama perusahaan ato seandainya perusahaan
announce mo biayain proyek dr hutang ya ini kita adjust lg. biasanya
untuk kasus emisi hutang baru/pinjaman baru yg kita pake ya rating
bunga terakhir ato rating ancer2 ngeliat perusahaan sejenis yg jg
belon lama issue debt.

retain earning ya gampang lah tinggal nilai di balance terakhir
ditambah laba ditahan tahun ini (NI tadi diatas dikurangi asumsi
dividen dibagikan)

equity biasanya tinggal ditambahin aja pake asumsi kalo ada waran ato
opsi pegawai yg dieksekusi

nah kalo udah beres ya tinggal NI + Depresiasi en item2 expense nonkas
laennya (writeoff jg termasuk nonkas loh) - ( Beban Bunga dikali
(1-tax rate). trus abis itu dikurangi CAPEX (plug CAPEX ini jg bisa 2
cara, cara 1 sebagai persentase historis dr sales ato cara 2 dengan
penambahan Fixed Asset + depresiasi(hence dulu saya pernah state kalo
capex ya minimal logisnya sejumlah depresiasinya) abis itu dikurangi
penambahan working capital. ketemu dah cashflownya

yah kalo udah tinggal kita bagi dah ama WACC.

ini jg udah umum lah., biasanya bisa dibuat beta driven ato engga
(saya biasanya sih simpel aja., perkirain proporsi DER dy., tentukan
CoD dy berdasar asumsi Tingkat kupon dy., abis itu buat CoEnya dibuat
5-6% diatas CoD dy..) WaCC jg kudu hati2 krn kalo overstated biasanya
hasil valuasi jd kekecilan dan sebaliknya kalo WaCC kekecilan bisa2 jd
"UPGRADE" tiba2.. kekekekekek

abis Cashflow ketemu en didiskon pake WaCC, kita tambahin nilainya ama
item kas dan setara kas abis itu kita kurangin sama total hutang. nah
hasilnya tinggal dibagi ama jumlah saham beredar setelah disesuaikan
sama eksekusi opsi ato CB.

ngitung semua diatas mah ga susah2 banget kan., yang susah biasanya
adalah intuisi dan kejelian analis buat memperkirakan asumsi yg
relevan dan akurat, dan tingkat growth yg sesuai dan achievable dan
bagaimana efek dr strategi perusahaan dan perkembangan kondisi ekonomi
kepada masa depan perusahaan.

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "jsx_consultant"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Ada buku yang KECIL MUNGIL yang bisa menjelaskan analisa
> laporan keuangaa ini. Judulnya KIAT MAIN SAHAM....
>
> Dalam beberapa hari saja, embah yakin anda sudah MENGUASAI
> ilmu Analisa laporan keuangan yg embah punya.
>
> Tapi kalo soal Valuasi, ini MEMANG susah, makanya kita
> beruntung punya kang ocoy yg baik hati ...
>

> --- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, Cleopatras Cat

> salah soalnya background saya jg bukan Finanz.

> Kang Ocoy panjang lebar. Kalo ga salah nangkap, ROE dipake buat
> ngukur rate of return nya ekuitas itu. Semakin tinggi return yg
> [...]

Kirim email ke