Pak Jos, kalo menurut pendapat saya, untuk membedah INDF, kita harus bagi 2
perusahaan tsb (saya belum cek lagi berdasarkan bobotnya), sebagian main di
sektor consumer goods dengan produk mie-mie-an, sedangkan sebagian lagi
sektor perkebunan (karena beliau baru akuisisi LSIP).

Yang bagian consumer goods, saya setuju, bahwa profit marginnya relatively
stabil, bahkan kalaupun COGS-nya naik, mereka bisa pass-on kenaikan harga
tsb ke end-user karena brand2 name mereka kuat di market. Kalo COGS-nya
turun, belum tentu harga jual harus ikut turun, yg berarti profit margin
naik.

Tapi untuk yang bagian plantation, profit margin mereka benar2 tergantung
dengan fluktuasi harga komoditas, ini yang agak sulit untuk buat model-nya
ke depan. Untuk bagian ini, yang paling gampang, ambil rata2 P/E untuk
saham2 di sektor plantation murni kayak AALI, UNSP dsb, terus dimasukkan ke
bobot bisnis plantation-nya si INDF.

Just my 2 cent.

Regards,
Bandar Bola