Mungkin karena kalo Bank ada Sales (Loan) yang indirect, seperti Bank Garansi,
L/C, dll sehingga dicatatnya di contingency (kewajiban yang baru akan timbul
jadi loan kalo ada claim atas Bank Garansi atau L/Cnya).
Kalo BDMN sendiri untuk Long Term saya agak takut, karena ada kaitannya dengan
ADMF. Banyak penyaluran ke kredit sepeda motor dan alat  electronic yang
kondisinya beda banget sama diluar negeri dimana masyarakatnya takut sama
kredibilitasnya, kalo sekali nama mereka black list sampe di custom aja namanya
bisa muncul dan ketahuan. Kalau disini khan beda, yang bermasalah di Perusahaan
Multi Finance atau di BPR kecil ga bakal ketahuan, paling kalo bermasalah di
Bank jadi ga bisa dapat kredit lagi karena ada didaftar black list. Contohnya
kita bisa lihat BNII yang profitnya turun banyak karena anak usahanya WOM
Finance yang banyak kredit sepeda motornya yang masalah. Apalagi kalo sampe ada
kenaikan bunga, bisa tambah parah. Caranya harus terus ada kredit baru yang
jumlahnya lebih besar dari kredit macetnya, kalo sampe dibatasi baru keliatan
aslinya (alias profit akan turun secara significan).
Mohon koreksinya kalo ada yang salah yah Mbah. Kalo namanya cucu kan pastinya
masih jauh banget ilmunya, jadi kudu banyak belajar terus.

jsx_consultant <[EMAIL PROTECTED]> wrote:                             --- In
obrolan-bandar@yahoogroups.com, bayu murti <[EMAIL PROTECTED]>
 wrote:

 > Maaf mbah, BDMN tu bank Danamon maksutnya?
 > Sales growth? Bank Danamon jualan apa mbah?

 Bank Jualan CREDIT/LOAN dan Incomenya: Interest, provision
 dan comission.

 Tapi yg dicatat sebagai penjualan bukan besarnya LOAN yg dijual
 ke nasabah tapi cuman Incomenya, jadi agak ANEH dibanding dengan
 perusahaan dagang dan manufacturing.

 Pada perusahan dagang/manufactirg:
 - Sales adalah sales dan bukan income.

 Pada bank: