hahaha., okay. krn sekarang kayanya udah "Official" teteh elaine apa
paman oentoeng udah beralih ke sisi "banteng"...

saya akan sedikit beberin mungkin sedikit "reasoning" kenapa bbrp
waktu lalu im kinda playing "rambo" and start accumulate some bargain
even prepare to "Rapid-Burst-Fire" kalo emang IHSG kembali ke stone
age (below 2000).

the main reason was basically i sense "FEAR" back then.,

the cue?, kerjaan saya adalah meriksa P&L sama Balance hampir semua
Perusahaan yg jadi portfolio investasi di tempat saya dan saya NOTICE
bahwa Hampir semua perusahaan Kas dan Setara Kas nya Naik Signifikan.
that means pertumbuhan ada dan solid dan itu bisa dipake atu jd
buffer andai kondisi pasar kurang baik.

another cue?, saya rada suspicious sama Amerika. begitu saya sadar
bahwa amerika bener2 pilih "growth concern" over "inflation concern",
yg saya awasin adalah kecukupan inventory Makanan sama Energi
Mereka., Kampret ternyata bener. Dollar SENGAJA DAN CUEK dibiarin
melemah (sedunia ikut nanggung kenaikan harga inflasi makanan en
energi jg) tetapi asalkan inventory energi cukup (Ternyata cukup kan)
dan makanan juga membaik (baca di the economist bahwa penanaman lahan
pangan di amerika dirotasi lagi ke gandum en soybean dan jumlah
penambahan lahannya cepet) maka Dollar lemah = Ekspor Membaik,
Inventory dijaga, Stimulus Fiskal jalan. hasilnya = Slowdown economy
but lesser probability of recession happening., entar taun depan baru
mungkin inflasi dilawan dengan naekkin suku bunga. that way at the
time i personally feel even di amerika semua udah priced-in dan udah
di teritori FEAR, karena indikator consumer confidence jg terendah
dan investor sentiment bull/bear spread jg terendah. di lain sisi
saya masih konfiden ama cadangan devisa JUMBO yg dimiliki cina (1,7
trilyun bok) en jepang jg korea cadangan devisanya juga lumayan
tumbuh YoY Basis.

Nah oleh krn itu dr sisi global kmaren makanya saya sempet ngerasa
bahwa takut sih boleh tp kalo udah berlebihan ya gak bener juga lah,
makanya saat kenceng gosap-gosip 2000 2000 an saya propose bos buat
tambah amunisi seukuran rudal scud siapa tau aja kejadian beneran jd
bisa tampung barang di harga cantik. ini ditambah dr data cadangan
devisa kita yg membaik dan terakhir kepemilikan SUN asing mulai
normal (kmaren nambah lg 4 trilyun info dr tmen di BI), deposito kita
di data BI juga nambah yg berarti daya beli masyarakat memang masih
ada. kemudian saya rasa meski pemerintah pusat kebanyakan beban tp
pemerintah daerah pasti yg emang kena commodity boom sebenernya masih
fine fine aja (bukti, konsumsi semen luar jawa naik pesat).

masalah tersisa memang di Rupiah yg jelek karena tekanan bolong
anggaran. nah bentar lagi akan naik, jadi meski sentimen jangka
pendek jelek tapi saya rasa ini jg akan sehat dan baik untuk menengah
dan panjang krn memang ini yg diinginkan pasar, rupiah bisa menguat
dan saya rasa daya beli masih akan bertahan. kenaikan yg sekarang gak
kayak yg 2005 jg. kita jg ada windfall profit dr sektor2 terkait
komoditi. kemudian untuk energi alternatif macam Coal yg takut bubble
kayanya masih jauh wong rasio konversi energi minyak vs batubara
masih 18 : 4 atau batu bara masih lebih murah 4 kali dr minyak kalo
spot. jd basically saya pikir kemaren waktu itu emang ada di FEAR
alias takut sih boleh, waspada boleh tapi udah pada PARNO kmaren.
padahal gara2 kemakan demam fear kemaren saya jadi Rambo-Nanggung
kemaren kumpulinnya gak maksimal apalagi waktu itu ada janji BUMI XXX
XXX level itu. hehehehehehe tapi gapapalah toh El jg udah kasih yg
laen2 di harga murah meski si XXX itu saya nampungnya krg banyak. haha

Well, Just my "cepek"an

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, Elaine
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> *Congratulations and best wishes from me.*
> **
> *Elaine*

Kirim email ke