1. Seingat saya cadangan timah yang hampir habis adalah yang di darat Mbah...
2. Karena itu TINS sedang eksplorasi cadangan timah di laut. Beberap news ttg
ini sudah saya kirim ke milist, termasuk adanya kemungkinan penambahan kapal
keruk dari TINS. Tahun ini saja mereka membeli 7 kapal keruk, 2 dari luar dan 5
diproduksi sendiri. Kalau mereka ndak yakin dengan cadangan timah di laut,
kayaknya TINS ga akan berani invest kapal sebanyak itu. Tapi mudah2an mereka
yakin atas dasar yg bener he he..Kalau ga, kita dump TINS rame2 deh
3. Sampai berapa tahun ke depan cadangan timah abis, kayaknya tergantung dari
kecepatan penambangannya sendiri. kalau banyak ilegal minning yg diciduk, saya
yakin umur cadangan timah ini bisa di-extended lebih lama sampai beberapa tahun
lagi.

Kita tunggu saja public expose mereka tgl 12 Mei besok..saya masih cari2
materinya Mbah

jsx_consultant <[EMAIL PROTECTED]> wrote:                             saham
TIMAH engga boleh terlalu lama dipegang karena cadangan
 timahnya terbatas....

 Seingat embah, PT TIMAH pernah mau dibubarkan beberapa tahun yg
 lalu ketika sahamnya pernah menyentuh sekitar 200 perak doang.
 Pada saat itu dikoran diberitakan cadangan timah sudah mau habis.

 Tapi ketika harga timah melonjak, masalah CADANGAN TIMAH ini
 engga pernah diberitakan media lagi.

 Dan sepertinya TEORI CADANGAN TIMAH HABIS INI lagi dipakai
 negara barat untuk meningkatkan cadangan minyak DUNIA. Caranya
 sbb:

 - Cadangan minyak dunia sudah mau habis, ini bisa berbahaya
   bagi dunia.
 - Jadi harga minyak dunia SENGAJA dinaikin agar explorasi minyak
   dilakukan lebih intensif lagi dengan teknik yg lebih canggih,
   dikedalam bumi yg lebih dalam, dilaut yg lebih dalam, dikutub
   dll.
 - Explorasi yg lebih sulit ini HANYA bisa dijalankan kalo harga
   minyak dinaikan supaya bisa TUTUP COST yg lebih tinngi.

 Dengan cara ini cadangan minyak dunia dalam 5 tahun kedepan
 akan meningkat..

 Jadi KONSIDERASInya:
 - Daripada minyak HABIS misalnya 10 tahun lagi dan membuat
   perekonomian dunia MACET TOTAL, maka lebih baik harga
   minyak dinaikan tapi dengan HARAPAN diketemukan cadangan
   minyak BARU sehingga minyak HABISNYA 20 tahun lagi.
   DAN didalam 20 tahun lagi diketemukan energi alternatif
   pengganti minyak bumi.

 TAPI kalo dalam 20 thn lagi, minyak bener bener HABIS dan
 tidak ada gantinya, terpaksa kita kekantor naik kuda...hehehe...

 --- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "Dean Earwicker"