mudah2an berguna...

Kisah Seorang Istri Yang Suaminya Terkena Serangan Jantung...

Melihat berita di detik.com tadi malam Basuki pelawak terkenal meninggal
dunia mendadak karena Serangan Jantung. saya ingin berbagi mengenai
kisah suami saya.

Dear ; abang2/teman/ sahabat ...

ini ada cerita/kisah nyata (PENGALAMAN PRIBADI) yang mungkin akan
menjadi hikmah dan pelajaran bagi kita semua.

tanggal 29 april 2006 : malam kira jam 21.00

setelah makan malam..

suamiku merasa tidak enak badan.. masuk angin di sekitar perut dan
punggung.. seperti terasa ditusuk2..

rahang terasa agak kaku, mulut agak asam

.. minta dibikinkan air jahe hangat.. minum lalu tidur.

tanggal 30 april:

bangun tidur.. pagi sholat subuh dan bilang badannya

udah enakan mau ke kantor,,,

malam hari di jam

yang sama seperti sebelumnya merasakan hal yang sama kembali seperti
malam sebelumnya,,

dibikinkan jahe hangat kembali dan dipaksa tidur.. tengah malam sekitar
pukul 01.00 dinihari

keluar keringat banyak dibadan

yang ada dibenak saya dan suami mungkin angin sudah keluar,, makanya
badan enakan.

Tanggal 1 MARET 2006

(PRISTIWA PENTING DALAM KEHIDUPAN KELUARGA KAMI)

Pagi. rutinitas seperti biasa, ke kantor masih telp siang hari.. seperti
biasa

Karena tidak mendapat parkir di BEJ maka mobil di parkir di CAFE
BENGKEL.. SEMANGGI dngan Jarak 1 km dari BEJ.

sore jam 16.30 pulang kantor jalan kaki menuju parkir,,, sepanjang jalan

suamiku merasa kaki tak dapat dilangkahkan. . leher terasa semakin
kaku..
keringat dingin bercucuran.. dingin dan lemas sekali seperti tak bisa
bernafas.. beliau berusaha mencapai tempat parkir dn berhasil masuk
kedalam mobil.. (tidak sempat menghidupkan mobil.. kaca tertutup semua..
lampu hijet dinyalakan.. pintu tidak dirapatkan) dan sempat menghubungi
saya untuk mengatakan "bunda, cepat kemari.. ayah tidak kuat lagi"!

(Suami ku tipe orang yg tidak pernah mengeluh,, tidak ingin merepotkan
orang,sangat mandiri..karena perantau dan biasa hidup susah)

Saya merasa pasti sesuatu terjadi..karena kenal betul kenal sifat
beliau. saya membutuhkan waktu kira2 setengah jam sampai di tempat
kejadian.. yang saya temukan

beliau sudah hampir hilang kesadaran.. baju basah kuyup seperti berendam
dikolam air,, muka pucat bagai mayat.. saya berteriak2 minta
pertolongan. .yang kebetulan saat itu banyak2 supir2 sedang bersiap
jemput majikannya. orang2 berlari memberikan bantuan.. baju kering..
aqua.. bahkan security membuatkan teh panas manis.. dan memaksa suami
saya untuk minum...

Pikiran saya bekerja.. saya butuh pertolongan orang yg ahli.. saya telp
sabahat kami seorang dokter di JBE.. saya ceritakan kronologis
kejadian.. beliau memandu saya

untuk menusuk ujung jari suami dengan benda tajam.. apapun ( waktu itu
kuku jari tangan saya) supaya suami saya terkejut dan membuat kesadaran
tidak betul2 hilang2.. ajak bicara terus.. dan segera bawa ke rumah
sakit terdekat.. pilihan cuma ada dua Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP)
atau Rumah Sakit Jantung Harapan Kita (RSJHK). minta lakukan EKG..tensi
darah.. itu yang harus saya lakukan segera. pilihan saya ke RSJHK karena
arah ke Selatan macet.

Sepanjang perjalanan..

saya mengajak bicara terus.. mengendorkan ikat pinggang.. kami sampai di
rumah sakit.. kebetulan brankas sedang kosong , jadi saya dibantu
securiti rumah sakit tersebut mendorong ke UGD dengan kursi roda.sampai
di UGD suasana hiruk pikuk dan kebetulan hari itu UGD sangat penuh..
suami saya ditolak.. karena dilihat masih dapat duduk di kursi
roda..dianjurkan untuk ke poli umum saja.

Saya mengikuti saran ahli medis.. saya antar suami ke poli umumnya dan
sudah tutup,rasanya. . sakit seperti tidak diperdulikan.

Tapi..

Allah itu maha penyayang,, CAMPUR TANGAN ALLAH mulai tampak nyata di
hadapan saya.. Seorang dokter sudah Senior tiba2 ada di hadapan saya (
sepertinya selesai praktek) beliau tanya ada apa ? saya ceritakan apa
yang terjadi.. beliau mengajak saya kesebuah ruangan praktek dan mulai
melakukan pemeriksaan lengkap.. Muka beliau sangat terkejut begitu
membaca hasil EKG. dunia bagai kiamat waktu beliau mengatakan "Suami Ibu
terkena Serangan Jantung Koroner"! harus segera penangan intensif..

Saya mengatakan UGD penuh. beliau katakan

TIDAK ADA PILIHAN LAIN HARUS KE UGD SEKARANG JUGA..beliau membuat
REKOMENDASI URGENT.. katakan saja dari DR.AULIA SANI ( ternyata beliau
mantan direktur RSJHK).Yang tadinya kami ditolak.. kemudian diterima di
UGD walau harus dirawat di kamar yang betul2 penuh hari itu.di situ
melihat orang datang dengan keadaan sudah meninggal karena terlambat
sampai di RS,

Saat di UGD tidak pernah satu tenaga medis yg menanyakan jaminan apapun
kepada saya

( Ternyata ITULAH MOTO RS tersebut, Tindakan Dahulu.. Uang baru Nomor
berikutnya)

Dokter Aulia turun tangan langsung,didampingi dokter Robert dokter jaga
UGD saat itu.. suamiku di tangani seksama.. 1 jam berkutnya aku
dipanggil keruangan dokter2.. disana sudah ada dokter Aulia & Robert..
beliau menjelaskan kondisi suamiku yang sebenarnya.. dan mereka bertanya
apa yang terjadi 1 minggu kebelakang sebelum suamiku kena serangan
jantung hari ini.aku cerita rangkaian kejadian.. beberapa malam yang
kami kira masuk angin.. beliau katakan

PADA MALAM2 ITU SEBENARNYA JANTUNG SUDAH TERKENA SERANGAN WALAUPUN RITME
KECIL.. TAPI SUDAH ADA BEBERAPA KOMPONEN JANTUNG YANG MELEMAH..hingga
saat serangan dahsyat datang.. langsung menganggu dan RUSAK..

Rupanya itu belum selesai.. Dokter minta saya

berdoa banyak.. 3 jam berikutnya adalah MASA PENENTUAN.. karena akan
datang serangan KEDUA yang maha DAHSYAT sementara akibat dari serangan
pertama.. ada pembuluh yang rusak..biasanya orang jarang selamat..
karena faktor TIDAK MENGERTI.. DAN TIDAK DITANGANI DENGAN TEPAT.

Mereka mengatakan

FUNGSI JANTUNG suamiku untuk sementara diganti dengan MESIN PACU
JANTUNG. Mudahan2 ini dapat membantu bertahan. ( waktu serangan pertama,
dada belum terasa sakit).

kira2 jam 21.00 suamiku mengalami

Serangan Jantung Kedua yang membuat denyut jantung berkisar 40.. (
padahal normal 70 ) jam 11.00 suamiku langsung di masukan ke ICU karena
kondisi kritis.. dada sakit hebat.. sesak tidak dapat bernafas..( pada
saat itu aku hanya bisa menangis.. bingung.. sendiri )

Allah banyak membantu kami

.. aku banyak bertemu orang yang senasib sepertiku.. yang mereka sudah
ada di RS tersebut berbulan2 lamanya.Aku bertemu dokter2 hebat yang baik
hati dan banyak memberi pertolongan penjelasan yang mudah aku
mengerti..dorongan dan suport dari semua teman keluarga dan sahabat dari
luar daerah dan luar negeri yang membuat aku berkata "AKU HARUS
KUAT..SUAMI MEMBUTUHKAN AKU & ANAK2 BUTUH AKU ")

Pasangan hidupku terbaring lam 20 hari di ICU dengan keadaan semakin
drop,,, sementara dokter2 benar-benar mempersiapkan tindakan yg paling
tepat . hari ke 20 dipersiapkan Katerisasi dipimpin Dr. Kaligis (
tindakan medis mengalirkan cairan putih (kontras) ke dalam semua
pembuluh jantung untuk mencari dimanakah

sumber penyumbatan akibat KOLESTEROL dan pembalonan di lokasi
penyumbatan diiringi pemasangan STAND / RING sesuai panjang sumbatan.(
Tindakan seperti ini sangat MAHAL) hingga bila terjadi penyumbatan lebih
dari tiga buah dokter2 menganjurkan untuk BY PAS yg kesempatannya
fivety-fivety. . (harga RECOVERY sebuah jantung sakit itu sama dengan
harga sebuah rumah atau mobil mewah)

SAYANGILAH JANTUNG ANDA...

Tapi itu belum seberapa... Pasangan hidup kita... akan memulai masa
penyembuhan. ., dengan banyak memerlukan

perhatian makanan,kasih sayang yang lebih banyak dari semula..kesabaran
yang tak TERHINGGA.. karena mereka mulai sehat dengan proses kepercayaan
diri yang hilang,,, dan sifat yang berubah 180 derajat, sangat sesintif
dan mudah tersinggung. itu semua PROSES.. yang kita sebagai pasangan
hidup tidak pernah tau kapan berakhirnya. ..anggap itu semua IBADAH

SARANKU..

HINDARI MAKANAN PADANG.. 75%

pasien jantung penyuka Masakan Padang

Sekali2 cobalah datang ke RSJHK.. disana terlihat pasien jantung koroner
mulai di usia diatas 25 thn..

Diatas umur 30 kita sudah terkena resiko pengentalan darah.

Perempuan jika masih haid terlindungi dari penyakit jantung karena
memiliki HORMON .

Jika di masa subur wanita terkena sakit jantung.. itu adalah cacat
bawaan seperti kebocoran KATUP & KLEP.

berolah raga yang ringan saja

.. DIANJURKAn berjalan kaki pagi hari 3 km atau berenang.

Hindari olahraga yang menguras tenaga

jika dari dulu kita bukan pencinta olah raga tersebut.

Olah raga yang menguras tenaga memacu ADRENALIN  (main saham juga loh
khususnya buat trader)

Makan banyak SAYUR dan BUAH

untuk menghancurkan KOLESTEROL jahat di tubuh kita.

Hindari Rokok walaupun Pasif....

Mulailah Hidup Sehat sebelum terlambat.. karena keluarga masih
membutuhkan kita.

This email and any attachments are confidential and may also be privileged.  If
you are not the addressee, do not disclose, copy, circulate or in any other way
use or rely on the information contained in this email or any attachments.  If
received in error, notify the sender immediately and delete this email and any
attachments from your system.  Emails cannot be guaranteed to be secure or
error free as the message and any attachments could be intercepted, corrupted,
lost, delayed, incomplete or amended.  Standard Chartered PLC and its
subsidiaries do not accept liability for damage caused by this email or any
attachments and may monitor email traffic.

Standard Chartered PLC is incorporated in England with limited liability under
company number 966425 and has its registered office at 1 Aldermanbury Square,
London, EC2V 7SB.

Standard Chartered Bank ("SCB") is incorporated in England with limited
liability by Royal Charter 1853, under reference ZC18.  The Principal Office of
SCB is situated in England at 1 Aldermanbury Square, London EC2V 7SB. In the
United Kingdom, SCB is authorised and regulated by the Financial Services
Authority under FSA register number 114276.

If you are receiving this email from SCB outside the UK, please click
http://www.standardchartered.com/global/email_disclaimer.html to refer to the
information on other jurisdictions.

Kirim email ke