Tergantung harga crude oil Pak, kalo oil turun nya mase dadakan gitu seperti
beberapa hari ini oil di buka stabil, tiba2 anjlok $9 itu mengerikan efek nya
buat saham cpo/coal di indonesia, indeks BEI itu bobot cpo/coal mase sangat
besar, jika terjadi koreksi dua sektor ini, akan ada outflow dana besar2 an dan
dana itu gak tau kapan akan balik lagi, kalo tanpa inflow dana yang besar,
rebound yang ada hanya bersifat bull trap akan segera di manfaatkan buat clear
posisi bagi yang nyangkut, banking yg mencoba bangkit pun akan terseret atau
minimal jalan di tempat gak bakal lari ke mana2. Dan saya rasa outflow dana
hari ini sangat besar, Minggu depan saya rasa bursa us dan regional lebih besar
kemungkinan rebound di banding BEI, jadi meski regional rebound saya rasa BEI
malah akan anomalie, seperti yang terjadi hari ini di mana mana ijo tebal, kita
malah merah tua.