Nah begitu baru oke Bang Jos.

--- On Thu, 7/17/08, jos_martino <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

From: jos_martino <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [obrolan-bandar] Re: BUMI Update 16 July 2008
To: obrolan-bandar@yahoogroups.com
Date: Thursday, July 17, 2008, 9:08 AM

Okay saya akan jelaskan lebih detail.
Saya pake data mbah per 18 Apr 2008:
BUMI Price: 6650
PBV: 115
PER: 163

Tahukah anda bila saat itu dilikuidasi maka harga BUMI per saham
hanya 6650/115=Rp. 57,8. Koq mau ya orang beli Rp.6.650?

Jadi harga saat ini sebenarnya adalah "value" masa depan saham tsb.
yg mempengaruhi harga saham adalah prospek, euforia, digoreng dan
stupidity. Kalo BUMI ini jelas GORENGAN dan STUPIDITY.

To the point saja, komoditi naik karena minyak naik okay?
Nah kalo harga minyak akan turun, prediksi saya akhir tahun ini akan
ke $70-80, itu sekitar 50% dari harga puncak minyak. Maka komoditi
pun akan turun minimal 50% dari PUNCAK-nya (Saya suka asumsi yang
simple). Karenanya EPS pun akan turun 50% (asumsi produksi, biaya
tetap), maka bila PER tetap (saya anggap orang masih antusias dg.
BUMI):

HIGHEST BUMI=8750

PRICE=PER X EPS=8750

EPS TURUN 50%,

PRICE (F)= PER X 50%EPS =50% X 8750 = 4375 DIBULATKAN 4500.

Ingat!! Ini bila coal turun "hanya" 50% sangat mungkin lebih dari
itu dan saat saham jatuh biasanya PER juga jatuh.
JADI sangat mungkin harganya jauh dibawah 4500.

Teknik valuasi sangat SUBJECTIF karena banyak ASUMSI jadi anda boleh
saja SETUJU ataupun TIDAK.

Disc On
rgs,
JM

--- In obrolan-bandar@ yahoogroups. com, Tjen Hartono
<thartono_bww@ ...> wrote:

> Sebenarnya saya malas komentarin sih.
> Tapi saya cuma kasihan sama member2 yg lagi panik karena kondisi
market kaya gini terus jadi ambil tindakan yg tergesa2 karena komen2
kaya Bang Jos ini.

> Coba Bang Jos kemukakan alasan logis kenapa bisa ke 4500, seperti
yg Kang Ocoy buat,
> jangan cuma komen2 tanpa analisa, terus dibumbui alasan2 seputar
MAKRO lah, bakal switching ke FINANCE, PROPERTY atau CONSUMER lah,
DASARNYA apa?? Coba BERI ANALISA yg berbobot, kenapa SEKTOR FINANCE,
PROPERTY or CONSUMER bakal LEBIH GEMILANG kinerjanya dibanding
SEKTOR KOMODITI terutama COAL dan PALM OIL?

> Segitu aja.

Kirim email ke