Masalah nya adalah sekarang terjadi DELEVERAGE di semua pasar, bukan cuma di
BEI saja, karena SPM banyak investment bank yang rugi dan cash flow nya kritis,
jadi mereka harus menjual semua yang bisa di jual untuk mengamankan cash flow
nya, duit yang beredar terlalu sedikit, likuiditas yg tidak ada, memaksa mau
gak mau semua saham mereka harus di jual, dan setelah gak ada yg bisa di jual,
maka commodity juga di jual, mau gak mau saham commodity terpengaruh, apalagi
di BEI hanya Saham Commodity satu satu nya yang bisa di jual, yang laen udah
nyungseppppp abis, kecuali commodity yang kenaekan nya cukup besar sejak
beberapa taon lalu.