From: "jsx_consultant" <[EMAIL PROTECTED]>

Date: Sat, 23 Aug 2008 10:41:34
To: <obrolan-bandar@yahoogroups.com>
Subject: [obrolan-bandar] Investor Psychological Profile......Re: Jika saya
beli saham Indofood ...

Miss Sasha,

Tulisan seperti ini udah banyak ditulis dibuku buku trading...

Embah pengen Sasha demontrasikan keahlian Sasha trading ini
dimilis. Karena banyak yg BELOM percaya, Contoh si engkong
Budiana yg maunya cuman BUY LOW SELL HIGH doang. Teori2 mah
cuman bener kalo lagi hokie doang katanya...hehehe...

Coba Sasha simulasikan didepan milis ,minggu depan:
- Beli apa, diharga berapa dan jual lagi diharga berapa.

Kita mau liat apa Teori yang dibawa Sasha itu bisa menghasilkan
profit berapa sebulan ?.

Kalo profitnya bagus, embah dan member yg lain mau kursus ama
Sasha kalo Sasha ngadain kursus...

Gimana bisa engga ?.

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, sasha winata <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> [...]
>
> 1.Yang pasti philosofinya yang utama preserving capital.gak punya
capital
> artinya gak bisa partisipasi next oppotunity,out of bussines.Hal
ini saya apply
> dengan cut loss cepet.saya gak pernah tahu apa yg terjadi
didepan,begitu posisi
> loss sampai level tertentu, pasti saya buang dan gak pernah coba2
untuk average
> down.Dengan cutting loss cepat protofolio saya bersih dari yang
merah,isinya ijo
> semua.proceed hasil cut loss cenderung untuk avg up atas
posisi yang udah
> [...]
>
> 2.Yang kedua Optimizing Capital,kalau first buying ,kelihatan
untung, HOLD,
> jangan cepat ambil profit,jangan ngibrit, market akan rally 1-2
hari dan
> kemudian ada market reaction,harga turun lagi, tugas saya bertahan
untuk cek
> support(gak usah woory profit akan ilang), dan seharusnya kalau
saya
> benar,market akan balik,dan membentuk small konsolidasi dan akan
ada next
> break,dimana itu kesempatan nambah posisi,dari mana asalnya duit?
simple, buang
> [...]
>
> Ringkasnya cutting my loss short , hold the winning trade,avg up n
letting
> my profit run utk mengharap big profit.Cutting loss quickly
merupakan wujud
> spiritualitas dan respek saya terhadap Market(tidak perduli
sahamnya gorengan
> ,rebusan,bluechips,undervalue or over value), nggak mau cut loss
artinya
> saya mengangap diri sendiri seperti Dewa yang gak bisa salah,saya
hanya manusia
> biasa dan saya tidak meletakkan pride saya di posisi
trading.Sedangkan Hold
> profit dan avg up merupakan wujud spirit dan harapan saya terhadap
market,hoping
> for spectacular profit.
>
> Ada adagium yang menjadi favorit saya (yg saya quote dari salah
satu buku
> trading) dan sesuai dgn tema ini "While ameteurs go broke by taking
large
> losses,profesional go broke by taking small profit" yang
menunjukkan cutting
> loss quickly dan hold profit itu merupakan kesatuan yang tak
terpisahkan seperti
> Yin dan Yang.
>

> Realitasnya secara number of trades, saya sangat banyak
mengalami lossing
> [...]
> (konsekuensi dari letting the profit run). Client saya kebanyakkan
keqi melihat
> cara saya trading (khususnya yang trader),Beli di harga super
mahal, banyak
> trades yang udah untung dikit jadi loss dikit, dan konyolnya sering
dibeli balik
> di harga yang lebih tinggi ,Beberapa trade yang udah untung 20%
diclose dengan
> untung cuman 10%(open profit ilang separuh) dan ada satu dua trade
yang untung
> lumayan gede gak cepet diclosed untuk offset loss2 yang
terdahulu,malah avg
> up.dst. Tapi setelah beberapa bulan mereka realized setelah melihat
net final
> return dan untuk selanjutnya mulai comfort, so saya harus educate
my client as
> well.
>

> Kebanyakan pemain punya tendensi untuk has to be right over most
the
> time,sehingga ada tendensi kalau untung harus cepet diambil
sedangkan kalau rugi
> di hold ,kalau perlu average down berlawanan dengan strateg Money
Management
> diatas.Kalau operate dengan cash gak masalah paling returnya yang
mediocre,tapi
> kalau operate dengan margin,karir di bidang spekulasi akan berumur
sangat
> pendek.Kita tanya aja player yang main selama 1 tahun terakhir di
Poly,TMPI
> antara golongan yang Avg Up vs golongan yang Avg Down (lepas dari
timing,teknik
> trading atau level berapa mereka ambilnya) bagaimana kesan2nya?
>
> Melawan naluri? melawan human instinct? Psychologically
uncomfotable? ya
> ,sama halnya utk menjadi top atlet itu psychologically
uncomforable, bangun pagi
> latihan,siang latihan sore hari harus tidur cukup,gak bisa dugem
semaunya,makan
> harus dijaga, sehari2 terima semprotan pelatih dst..dst. To be a
TOP DOG is
> [...]
ada sisi
> lain ada periode profit profit dan profit. Dalam menghadap lossing
streak, saya
> cenderung menurunkan size trading sampai lossing streak berakhir
(cenderung
> defensive) begitu memasuk winning streak,saya cenderung agresive
dan sangat
> agresive. (ini merupakan salah satu bentuk lain dari MM)
>
> Mengenai berapa percent risk capital untuk 1 singgle trade, itu
bisa
> 2-5%,(artinya lossing trade gak boleh lebih dari angka tsb diatas)
Tapi saya
> [...]
waktu
> smash,kapan defend,dst.Di MM ini kalau sudah terbiasa,tahu kapan
harus berani
> trade dengan jumlah besar, dan kapan trade dengan size main2,dan
kapan get out
> secepatnya at all cost dengan reflek/otomatis.Dan jangan melihat
itu
> duit,jangan bandingkan dengan gaji yang kita terima ajeg bulanan
tapi anggap
> saja score main Video Game biasa.
>
> Wanna be a Top Dog? Shift your paradigm! Ini sebenarnya
simple ,merely a
> take and give game, Hanya kita yang sudah dewasa dan sekolah
ketinggian
> biasa membuat hal simple jadi susah dan ruwet.
>
> ohh ya,bagi yg nulis ini di mohon kehadiran nya,untk sepatah 2patah
kata dong,kangen ama tulisan nya.

> salam
> sasha

Jika saya beli saham Indofood ...
> [...]
>
> Pada periode ini, meskipun harga sudah ketinggian (TIDAK MASUK
>
> AKAL), tidak ada provokator yg bersedia jadi BEAR PROVOCATOR.
>
> Jadi ini KEBALIKAN dari periode sekarang.
>

> Coba perhatikan:
>
> - saham INCO mencapai HIGHESTnya ketika harga nickel jatuh
>
>   dalam. Apakah ada BEAR PROCOCATOR saat itu ?. Bear provocator
>
>   baru muncul sesudah harga INCO ambles. Dan ketika harga INCO
>
>   sudah masuk jurang, para bearish messanger itu makin KENCANG
>
>   suaranya.
>

> Note:
>
> Embah cuman melihat satu ORIGINAL BEAR PROVOVATOR disaat
harga/ihsg

> [...]
>
> penyakit KETAKUTAN diharga bawah, karena takut harganya turun
>
> lagi. Pak SB ngumpulin barang dengan asiknya ampe engga
>
> posting sebulan karena average down terus disaat SENTIMEN
>
> BEARISH terasa kuat dimilis.
>

> Terlepas siapa yang akan beruntung, karena kita TIDAK TAHU PASTI
>
> apa yang akan terjadi dimasa depan.
>

> Mana yg lebih menguntungkan buat investor:
>
> - Orang yg punya penyakit HIGH PRICE PHOBIA ? (seperti SB, embah)
>
> - Atau orang yang punya penyakit LOW PRICE PHOBIA ? (Halim
mungkin ?)

> - Atau orang normal yg santai aja di harga atas dan harga bawah ?.

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: