Kita ini net importer minyak, jadi kalo minyak naik maka
trade deficit kita bertambah.

Tapi saat minyak naik, export cpo dan barang tambang lainnya
naik.

Neraca perdagangan Indonesia bulan July defisit 270 juta dollar.
Ini dikarenakan export cpo turun dari 2 miliar pada bulan Juli
menjadi 581 juta dollar pada bulan Agustus.

Jadi penurunan export cpo = 2000 - 581 = 1416 juta dollar.

Jadi kalo export cpo engga turun maka trade deficit kita
akan menjadi = -270 + 1416 = 1146 juta dollar... plus kan
kalo export cpo normal...

Note:
- Angka export cpo seperti tidak masuk akal, masa turun begitu
  banyak ????.

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "PyRiEL PyRiEL"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> mbah.. posting ini sangat dalam pemaknaannya..
> ini berkaitan dengan ekspor impor yang saya sempat utarakan..
> arahnya ke sini..
> trade balance negatif ini mohon dimaknai dengan sangat cermat..
> karena transmisinya bisa kemana2..
> thx

DEflasi

9.75<http://finance.groups.yahoo.com/group/obrolan-