Sdr Frendy saya coba bantu ksh pandangan mengenai JSMR.
1. PER JSMR 11.03 PBV 1.29 DER 1.18 bandingkan dgn CMNP PER 18.75
   PBV 1.71 DER 0.95. Dr PER dan PBV jelas2 JSMR msh under value.

2. JSMR mempunyai income yg jelas 1*24 jam setahun 365 hari cari duit
   tanpa ada kata istirahat dgn biaya operasional yg relatif kecil.
   Sementara jumlah kendaraan trs meningkat bahkan tahun ini
penjualan kendaraan roda 4 diperkirakan akan tembus 550rb unit (
Mayoritas terkonsentrasi di pulau jawa ). Jadi pelanggan JSMR dgn
sendirinya akan meningkat dr thn ke thn.

3. Jalan tol bandara Soekarno-Hatta baru dinaiki biaya tol sebesar
   20% dr hrg 2500 menjadi 3000 di semester 2.
   Jalur jalan tol tersebut memberikan kontribusi pendapatan t'hadap
   JSMR berkisar 10% dr total pendapatan JSMR. Angka tersebut
   merupakan perkiraan saya. Data masih dikonfirmasi ke JSMR.
   Untuk angka pastinya saya akan memberitahukan lbh lanjut.

4.Tol pluit yg akibat kebakaran thn lalu ditutup dr 3 jalur menjadi
  1 jalur sudah dibuka dan beroperasi normal di semester 2 thn ini.
  Jadi saya perkirakan akan menambah pendapatan bagi JSMR. Angka
  persisnya msh dipelajari.

5. JORR akan beroperasi thn 2009 dan kemungkinan adanya kenaikan jln
tol di semester 1 thn 2009. Jadi saya memperkirakan pendapatan JSMR
untuk thn dpn hrsnya semakin bgs.

6. JSMR adalah salah satu emiten yg tdk byk terpengaruh oleh
fluktuasi komoditi spt sekarang. Jadi minyak naek or turun org akan
tetap menggunakan jasa jalan tol kecuali produsen kendaraan berhasil
menciptakan mobil terbang ;)

7. JSMR IPO dihrg 1700 dan pernah mencapai hrg tertinggi 2200. Klo
dihitung dr nilai tertinggi JSMR sudah terdiskon 46%. Jadi kira2
layakkah kita mengkoleksi JSMR untuk 1-2 tahun kedepan?

Ini hanya sedikit ulasan saya ttg JSMR. Msh byk ttg JSMR yg akan
kita bahas di kesempatan yg akan datang. Yg jelas bagi saya JSMR
adalah salah satu blue chip masa depan. Silahkan koleksi tp jgn
terlalu agresif. Apabila terjadi panik selling di kemudian hari dan
JSMR dibuang, saya rasa kesempatan kita untuk beli. harapan saya
sudah saatnya kita mendapatkan barang diskon dr bandar2 JSMR yg
begitu darmawan. Semoga tulisan saya ini bs bermanfaat. Tentu ini
adlah pendapat saya pribadi jd disclaimer. Jadi mohon maaf klo ada
kata2 saya yg salah.

Salam,
Yuusa

Kirim email ke