kira2 ide-nya sama dg embah. cuma saya tambahin dikit.

USD menguat krn global economies yg akan slowdown, bkn Eropa saja,
China, India, Brazil, dll. juga demikian. Sbg contoh, Cina baru2 ini
growth "hanya" 10% sekian. Inflasi mereka membubung tinggi. Mereka
harus menekan inflasi ini, tp konsekuensinya adalah growth melambat.
proyeksinya utk 2009, hanya sktr 8-9% growth.

Ini sama sekali bkn US yg membaik, tp global yg memburuk. Currency
selalu di-trade dg pairing. Krnnya, pelemahan di satu jenis,
merupakan penguatan di pasangannya. Sentimen org thd ekonomi AS sdh
terlalu negatif. Ketika opini market tll terpolarisasi ke satu
sisi... kemudian ada sesuatu yg "blow up" (global economy slowing
down), inilah yg terjadi.

GBP/USD mengalami penurunan terbesar sejak 1992 ketika dihajar
Soros. Mata uang mayor lain (EUR, JPY, AUD, CHF, dll), plg tdk sudah
terdepresiasi 5% (kebykan 10% lbh) thd USD.

Rupiah... saya agak curiga knp depresiasi cuma < 3% sejauh ini. Coba
saja lihat currency2 lain, baik yg negaranya commodity based (e.g.
Kanada, Australia) maupun tidak. Sudah jauh sekali drop-nya.
Intervensi BI? Tahan brp lama? Apa jadinya kl cadangan devisa tipis?

Krnnya, wkt itu jg saya setuju dg pandangan embah yg bilang naikin
banking spy bisa buang BUMI, bkn banking akan bagus performanya.
Banking akan kesulitan jika rupiah longsor, ditambah tekanan inflasi
yg tinggi di bulan puasa ini.

Kemungkinan jg krn alasan2 di atas (CMIIW, mbah), embah hari ini tdk
ada komando SERBU hari ini, walaupun index drop byk dg vol moderate
(tipis jg tidak sih).

Dowjone

> jatuh dalam, Dollar malah menguat TAJAM...
>

> SEPERTINYA SEMUA YANG BERBAU DOLLAR AKAN JADI TOP, saham yang
>
> penjualan dan exportnya dollar akan jadi BURUAN kalo sampe
>
> IDR melemah lagi...
>

> Minyak bisa dibilang bertahan di 108 meskipun Euro melemah TAJAM,
>
> ini menandakan DUNIA kembali kiprahnya KE DOLLAR...
>

> Arab akan kembali menghargai minyaknya pake dollar, engga pake
>
> Euro lagi....
>

> Tulisan diatas, cuman selentingan dipikiran embah, MOHON

> [...]

Kirim email ke