Well....again..menurut saya kebangkrutan itu belum tentu disebabkan karena
kesalahan statistic. Statistic itu benar karena berdasarkan data actual
historical. Statistik itu TIDAK STATIS..tapi DINAMIS. Menurut saya salah
besar jika ada orang yg mengartikan "STATISTIK" = STATIS.
Ahli statistik yg benar-benar ahli, tidak pernah mengatakan suatu 'Nilai'
statistik itu adalah absolut, tetapi lebih cenderung mengatakan 'Nilai"
statistik itu "RELATIVE".
Dalam FA pun demikian. Seorang Analis fundamental yg "BENAR-BENAR" ahli
statistik, tidak pernah memberikan target harga / valuasi saham itu
"ABSOLUT" satu nilai saja,..melainkan dalam suatu "RANGE" harga (Jangkauan /
Sebaran). Ini dikarenakan suatu valuasi saham harus memperhitungkan
scenario-2 yg mungkin timbul, memperhitungkan probabilitasnya dll.
Hanya saja, terkadang ini membingungkan orang awam pada umumnya, sehingga
pada umumnya pada laporan report analyst, disederhanakan dengan hanya
disajikan SATU NILAI saja.

Kebangkrutan LCTM saya percaya juga bukan karena kesalahan membaca
statistik. Terlalu cepat/dini jika anda menyimpulkan hal demikian. Banyak
faktor-2 lain yg mempengaruhi kenapa perusahaan itu bisa merugi. Bisa jadi
karena faktor politis, faktor risk management, fraud dalam tubuh perusahaan,
dll. Itu perlu analisa lebih lanjut.