From: obrolan-bandar@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED]
On Behalf Of ARRAY27
Sent: Saturday, September 13, 2008 4:38 AM
To: obrolan-bandar@yahoogroups.com
Subject: Re: [obrolan-bandar] Re: Blood of vengeance

Begitulah pak, dari sononya emang kita suka lupa pada potensi sendiri.
Indonesia, khususnya BEI seharusnya punya ciri khas sendiri. Selain si Komo,
apalah kita. Finance, Infra, dll rekan sesudutnya, kita cuma "seupil"
dibanding mereka. Sekali diupilin ya, bablas. Mbok ya yang sebenarnya kita
punya keunggulan itulah yang dipromosikan. Belum sempat menggeliat nyeberang
tahun, ditembakin sendiri. Lha..., potensi ini sesadarnya pula kita habisi
sendiri. Ada yang mau beli murahan, mau juga dikasih, dengan CL lagi. Kalo
sudah kuat, nggak segampang ini bablasnya.

Saharusnya, bursa CPO itu referensinya sudah beralih ke Indonesia, bukan di
pangkalan tetangga lagi. Terlepas isu positip vs negatip persawitan ini.
Hamparan lahan mangkrak di Indonesia tahun ke tahun bukan semakin berkurang.
Lima tahun terakhir dengan adanya program GERHAN menurut data memang
persentase pertambahannya yang berkurang. Dari sisi sosial ekonomi,
pengembangan perkebunan sawit jelas memberikan banyak manfaat dibanding
mudaratnya. Dari sisi lingkungan, memang isu ini yang diglindingkan para
pesaing produk sejenis. Masalah konversi  hutan yang diangkat2. Ada satu dua
yang melakukan, diekspose seolah2 seluruhnya. Akhirnya, luasan lahan yang
memang sudah tidak produktif lagi (dampak kerakusan masa lalu) yang kemudian
ditanami sawit, dihubungkan juga dengan konversi hutan. Mudah2an dengan
implementasi RSPO di Indonesia masalah ini bisa dibalancing. Khususnya
setelah efektif beroperasinya lembaga2 sertifikasi RSPO di Indonesia. Angin
segar pengembangan l! ebih lanjut masih terbuka dengan pengembangan
teknologi produksi biodiesel dan kewajiban penggunaan oleh industri.

Kertas, kita juga berpotensi menjadi besar (terlepas jaman paper less akan
ada, tapi ya rasional lah, kapan kita bisa bebas dari yang berbau kertas?
Satu, dua generasi kayaknya belum akan). Kita tahu lah, bahan bakunya di
Indonesia bisa panen 3x lebih cepat dibanding pemain besarnya saat ini.
Wajar kalo ada potensi tumbuh membesar, ya coba dipangkasin terus. Segala
isu diekspos. Setahu saya, hutan tanaman (HTI) di Indonesia sudah mulai
menerapkan prinsip kelestarian dalam pengelolaannya (sustainable forest
manajemen, SFM) yang menerapkan keseimbangan aspek ekologi, ekonomi, sosial,
sehingga dapat memenuhi persyaratan pasar di manapun. Saat ini semua juga
sedang dalam proses implementasi untuk disertifikasi oleh lembaga sertifkasi
terakreditasi lokal (LEI, www.lei.or.id) dan internasional (FSC,
www.fsc.org; LSM global didukung WWF/gangnya). Bukan bertujuan promosi. INKP
sebe! narnya termasuk promotor penerapan SFM di HTI Indonesia. Saat ini
porsi bahan baku kayu serpih (BBS) dari HTI mulai menggeser BBS dari hutan
alam dengan target ke Nol. Jadi tidak perlu heran saja kita kalo sekarang
kinerja keuangan INKP mulai mencorong. Karena masa panen investasi di
tanaman dan pabriknya mulai optimal. Secara entitas perusahaan, INKP jauh
lebih potensial dibanding TKIM. INKP punya akses langsung terhadap BBS,
pabrik berada di Jantung HTI-nya. sementara TKIM tergantung INKP/HTI goup
Sinar Mas, pabrik nun jauh dari Sumber BBS. Tanpa perlu dianalisa lebih
jauh, untuk jangka panjang saya kurang setuju kalo dibilang TKIM lebih
prospektif dibanding TKIM.

Kalo urusan komo batu bara, OB sudah menjadi salah satu sumber info
terlengkap deh. Begitulah, sekedar introspeksi, berbagi info. Barangkali
bisa diperdalam lagi oleh rekan2 lainnya.