Kalo menurut saya, apa yg dilakukan Engkong WB tetap dpt diklasifikasi
sebagai investasi, dan sebagai investasi ada faktor resiko kerugian. Dia
invest tetap pake duit, tidak gratis sama sekali. Cuma risk-nya dia sdh
hitung dan menurut dia sdh lumayan kecil.

Dia beli preferred stock Goldman Sachs (GS) dan General Electric (GE) yang
ada interest-nya 10% p.a, dengan warrant yang melekat pada preferred stock
itu. Assume bahwa GS maupun GE bangkrut 1-2 tahun dari sekarang, beliau akan
kehilangan uang tsb dikurangi interest yg dia terima.

Tapi kalo GS dan GE berhasil lolos tidak sampe bangkrut, maka beliau bisa
untung gede, kalo ternyata harga sahamnya naik lebih tinggi dari harga beli
saat ini dan di atas warga exercise warrant-nya. Jadi apa yang dia lakukan
betul2 dapat dikategorikan sebagai investasi.
Dia percaya nasibnya GS dan GE tidak bakalan sama dengan Bear
Stearns dan Lehman Brothers.

Kalo ada yang bilang bahwa karena WB masuk berarti sudah bottom, saya tidak
setuju. Karena kebanyakan saham2 yang dibeli WB masih bisa turun lagi, dan
sejarah mencatat itu.
Yang penting adalah WB tidak pernah peduli mau bottom atau tidak, yang
penting menurut dia harga yang dia dapat adalah "sangat murah". Analoginya
adalah, kalo ada yang mau jual tanah di Kelapa Gading seharga 1 jt per
meter, maka bisa dianggap sangat murah, regardless, besoknya ada yang mau
banting harga di bawah 1 jt.

Yg perlu juga diingat, WB is no God; beliau juga pernah salah, beli saham
perusahaan tekstil, saham perusahaan sepatu yang jadi bangkrut karena tidak
bisa bersaing dengan perusahaan2 yg labor-cost-nya murah.
Bottom-line is, if you want to invest, please do your home work, boss. Mau
ngikut WB please do, but still there is a risk.
Apakah WB benar atau salah, time will tell several years from now.

Just my 2 cents.

Regards,
Bandar Bola

2008/10/2 Halim Mintareja [EMAIL PROTECTED]

Kirim email ke