Dilihat dari order transaksinya, kemarin banyak jual bulk, beli ngeteng.
Walaupun saham bakrie banyak beredar di pasar, namun kenyataannya yang main
"dia dia" juga.

Apa susahnya buka account di BK, ML, YU, atau DB cabang singapura atau
malaysia, toh di running trade keluarnya F juga.

Yang jelas cost buat main di BEI sekarang makin kecil. Mau stay atau away
dari market itu pilihan, soalnya kita sama2 gak tau market mau kemana
(kayanya sih turun lagi).

TA beberapa kali kasih failed signal, dari oversold, jadi super oversold,
jadi gigaoversold, terakhir ultimately oversold. Saya sih gak pernah
ngarepin crash, stone age, pentungan, dsb, tapi jika PIG menghendaki, so be
it.

Eh tapi hari ini sempet ijo ya.. ini ijo tanpa bakrie loh. Entah mimpi apa
sy semalam, sy pikir grup bakrie di DELIST aja dari BEI, setuju gga? suruh
go private aja deh. BEI yang tadinya kaya mall sekarang jadi kaya pasar
kaget yg banyak premannya... males deh..

Dulu siapa tuh yang bilang bumi mau di jadiin tmpi.. mau ke 2xxx, dsb, saat
bumi masih 8rb an, cmiiw. Jadi deh enemy of the state.

Buat investor kecil spt saya, situasi yang kondusif lebih PENTING dibanding
volatilitas harga. Kecuali anda kaya spt WB yang punya duit ratusan triliun,
market mau nyungsep pun dia masih bisa kasih makan 7 turunan.

Dan belum tentu bailout 700m kemarin adalah bailout yang terakhir... dan
belum tentu "cair" nya cepet. Ini perkiraan saya aja.

   - US butuh dollar. Banyak. Saluran air (kredit) yang mampet perlu
   dibersihin dengan biaya $700m

   - Butuh = demand +.

   - Demand naik = harga naik. Makanya dollar naik. (kemarin saya salah
   kirain melemah ternyata engga)

   - Tahu issuernya lagi butuh dollar, forex market pun ikut memburu dollar
   dan melepas mata uang lain sehingga mata uang lain melemah.

   - Namun issuer (fed) engga bodo, dia nanti bisa *cut rate* lagi biar
   borrowing cost rendah (bunga obligasi pemerintah kecil). *Pendapat DE:
   it'd be the best time to invest/buyback this time. Istirahat jgn lama-lama
   ntar nyesel sendiri..heheh..
   *
   - Nanti kalau udah banyak usd balik kandang, kredit udah lancar lagi,
   pelan2 rate naik lagi. Mungkin tahun depan.

   - Perlu diingat kalau issuer perlu usd maka usd counterpart (mata uang
   lain, komoditi, saham, dan semua instrumen lain yang bisa dibeli pake usd)
   akan (dan sedang) turun.

Kesimpulan: ada kans market reversal saat fed rate turun. Borong dah. Jual
harga diri kalo perlu..:P. Dulu Greenspan sempet nurunin sampe 1% saat US
resesi awal tahun 2000.

Fyi, US itu udah sering resesi loh, rata-rata selama 1-2 tahun.
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_recessions_in_the_United_States#Recessions

Kita beruntung sempet ngerasain full market cycle (bull > bear) tahun ini,
jadi nambah pengalaman, paling ngga bisa nyambung kalo ngobrol sama trader
jama orba dulu...heheh..

Regards,
DE