From: [EMAIL PROTECTED] [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Dean
Earwicker
Sent: 14 Oktober 2008 21:01
To: [EMAIL PROTECTED]
Cc: jkunci; obrolan-bandar@yahoogroups.com; [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [saham] Re: Terobosan Baru batasan AR

Ada juga sih pemikiran saya begini:

Batas AR adalah varian, dia akan mengukur volatilitas indeks dan saham
sebelumnya (contohnya bollinger bands), saat bollinger melebar (market
volatile), maka batas AR menyempit, demikian juga sebaliknya, saat bollinger
menyempit, maka batas AR melebar.

Hal ini dapat menjaga psikologis pasar agar tidak terlalu euphoria saat
ekonomi global membaik, dilain sisi tidak memicu panic selling saat dow
rontok. Hal ini juga mencegah aksi cornering oleh bandar, karena kalau harga
terlalu cepat bergerak, otomatis BEI akan membatasi AR pada esok harinya.

Hal ini bisa diatur dengan komputer menggunakan formula, dan dengan
sendirinya BEI bisa "menjaga" dirinya sendiri. Hal ini juga bisa diterapkan
untuk menetapkan circuit
<http://www.nasdaqtrader.com/Trader.aspx?id=CircuitBreaker>  breaker secara
realtime, seandainya bursa bergerak volatile dalam hitungan menit.

Kalau hal ini bisa di akomodasi oleh BEI (dan saya YAKIN secara teknis BISA)
maka ini jadi yang pertama di dunia.

Regards,
DE