Response Pak Ogah terhadap Pena yang semua pengetahuannya se-mata2 bersumber
dari informasi agama2:

Pak Ogah bisa memberi referensi bahwa Shepherd adalah nama orang, dan sumbernya
bukan dari agama melainkan textbook standard untuk college "Physics For
Scientists and Engineers, 5th edition by Werway & Beichner"  page 1461,
paragraph ke 2.  Buku ini digunakan diseluruh public college di California.
Anda menggunakan referensi disekolah agama, karena itu tentunya tak pernah bisa
ketemu.

Semua agama, baik Islam maupun Kristen selalu menggunakan setiap penemuan yang
dianggapnya bisa mempertebal keimanan umatnya, jadi kembali pak Ogah tak
relevan untuk mengombentari tulisan anda yang mendukung apapun yang dari Islam
benar dari yang lain salah.  Bagi pak Ogah yang relevan dari kitab2 semua agama
adalah apa yang mereka ceritakan mengenai yang agama lainnya.

Arab itu berarti Nomad, dan terdiri dari banyak bangsa yang tak dikenal
sekarang ini pun.  Semua bangsa yang nomad yang berserakan di wilayah utara
disebut sebagai Arab.  Tak seorangpun yang bisa memastikan sejarah bangsa Arab
sendiri karena Islam semasa Muhammad telah memusnahkan segala sesuatu yang
dianggapnya menyalahi kepercayaannya.  Data2 mengenai Arab secara arkeologis
ditemukan justru berupa benda2 yang dibawa mereka untuk di barter dengan bangsa
lainnya keluar dari jazirah Arab Islam.

Bacalah Sejarah Arab, bukan sejarah Islam.  Umumnya semua catatan sejarah Arab
masa pre Islam justru dimusnah kan umat Islam sehingga sedikit produk berhala
yang tersisa yang berhasil dicuri oleh ahli2 purbakala melalui kedok pemboran
minyak di Timteng.  Lihatlah bagaima Afghanistant melakukan hal yang sama
terhadap penginggalan sejarah bangsanya sendiri yang bukan Islam.

WF Libby adalah salah seorang yang dari sekian banyak ahli lainnya yang
mengembangkan suatu metode yang menggunakan C-dating.  Pada saat itu metode
nyalah yang paling reliable bukan berarti dia yang menggunakannya pertama
kali..
Anda jelas tak mengerti bahwa fossil2 yang membatu, termasuk batu secara
physics selalu mengandung karbon didalamnya.  Semua batu (Si) selalu terikat
dengan carbon dalam alam semesta.  Carbon itu disebut sebagai bahan organik
karena dikandung oleh semua kehidupan, tapi bukan berarti bahwa yang tidak
hidup itu tidak mengandung karbon.  Kehidupan dianggap dimulai dari element
Carbon ini, itulah sebabnya, untuk menelitik kemungkinan hidup diplanit lain
ditentukan dulu adanya Carbon ini.  Batu quarz, diamond, sampai akik, juga
mengandunr C.  Penggunaan C-dating bukan hanya Carbonnya yang diukur tapi juga
aktivitas radioaktive dari unsur elemen lain juga bisa digunakan untuk
perbandingan sehingga bisa di dapat ratio ketepatannya.  Carbon digunakan
sebagai patokan meskipun dilakukan juga pengukuran elemen lainnya karena Carbon
inilah unsur yang umum berada disemua tempat.  Jadi penggunaan C-dating bisa
dilakukan untuk ber-macam2 penggunaannya termasuk penentuan umur batu2an bukan
hanya senyawa organisnya karena Carbon tidak hanya dikandung oleh zat2 organik
saja.  JUGA TIDAK BERARTI HANYA BENDA YANG PERNAH HIDUP YANG BISA DIUKUR
UMURNYA.  MELAINKAN JUGA BATU2, KAYU, BAHKAN BUMI INI.

Benar hieroglyph resminya digunakan sejak 3000 sm, tapi penemuan log batu
hieroglyph yang berumur 5000 sm ternyata membuka perdebatan baru dikalangan
para arkeologists.  Itulah sebabnya secara umum penemuan ini belum bisa diakui
dimana akibat penemuan ini C-dating menghadapi tantangan penggunaan cara2
lainnya.  Sejak itulah penggunaan C-dating menurun popularitasnya.  Tapi
penemuan ini membuka kemungkinan2 baru bukan memastikan.  Semua penemuan yang
meragukan sekalipun selalu membuka kemungkinan2 baru, berbeda dengan
kepercayaan agama yang selalu memastikan kebenarannya yang meskipun sekarang
terbukti salah tapi umatnya tetap memaksanya benar.  Misalnya, perkawinan
dibawah umur dizaman sekarang dilarang karena anak dibawah umur tak bisa
mengambil keputusan untuk dirinya sendiri, tapi dalam agama Islam seorang anak
dibawah umur boleh dikawin oleh orang tuanya yang mengambil keputusan
untuknya.  Zaman sekarang seorang anak mempunyai hak yang tak bisa diputuskan
oleh orang tuanya, berbeda dengan ajaran semua agama yang menyatakan bahwa anak
harus menurut keputusan yang diambil orang tuanya.  Secara psikologis
perkembangan jiwa anak hal itu sama sekali tidak dibenarkan, selain membunuh
kreativitas si anak juga melanggar hak2 asazinya.

Tulisan Hyroglieph itu bukanlah abjad, tapi simbol2, sehingga namanya tak perlu
harus Yesus ataupun Maria, cukup gambar yang disimbolkan.  Yesus si penyelamat
sekarang dini diyakini memang berasal dari legenda dewa2 Yunani kuno "Zeus"
yang di pronounce jadi Yesus, bahkan orang spanish menyebutnya "Hesus".  Juga
dengan "Abraham" oleh orang Arab disebut "Ibrahim" dsb.

Apa yang anda maksud dengan protokol, catatan tentang nama2 terhukum itu bukan
protokol, protokol itu adalah detail pelaksanaan suatu UU bila ini berkenaan
dengan negara.

Sejarahwan Rusia itu bukan satu2nya sehingga namanya tak dicantumkan dalam
laporan tersebut tapi Sejarah Romawi itulah yang menjadi satu2nya kesaksian
kebenaran yang dilaporkannya.  Jadi bukan merupakan publikasi untuk
mendiskreditkan agama manapun juga.  Contohnya, bila anda bilang "Patih Gajah
Mada itu hidup dizaman Kerajaan Majapahit", tentunya tak mungkin nama anda
tercantum maupun diingat semua orang Indonesia karena bukan hanya anda yang
tahu hal itu, dan referensinya adalah sejarah Indonesia bukan pernyataan/
tulisan/ penelitian anda.  Tapi mungkin saja guru anda mengingat pernyataan
anda karena anda lah satu2nya dikelas yang memberi jawaban yang benar.
Demikian juga dengan isi tulisan sejarahwan Rusia yang mempelajari/meneliti
kerajaan Romawi yang kebetulan menjadi bahan pembicaraan kelompok tentang
"keberadaan Yesus" itu.  Anda bisa meneliti Sejarah Romawi bukan apa yang
dikatakan sejarahwan Russia itu.  Sedangkan tulisan pak Ogah hanyalah sebuah
referensi yang didapat dari tulisan tersebut bukan dari sumber langsung sejarah
Romawinya.  Andaikatapun nama sejarahwan Russia itu pak Ogah catat tentu tidak
banyak gunanya untuk referensi siapapun.

Tulisan2 bersumber dari agama tak pernah menjadi referensi pak Ogah.  Informasi
dari semua agama tak pernah bisa dijadikan referensi kebenarah sejarahnya
karena mereka lebih menceritakan hal2 untuk membangun keimanan bukan
kenyataan.  Jadi pak Ogah tak akan meresponse/memperdebatkan tulisan/ bantahan
anda kalau anda ingin menggunakannya.  Ajaran agama hanyalah referensi moral
zaman dahulu untuk perbandingan dizaman sekarang, kita belajar agama sebagai
urut2an sejarah dalam pandangan moral dizaman dahulu dan mengapa kita sampai ke
pandangan moral zaman sekarang.

Sekali lagi, memang Al Quran sama sekali tak ada nama "Paulus" tak ada nama
"Tuhan", dan tak ada nama "setan".  Tapi pandangan umat Islam yang
menginterpretasikan agama lainnya dibahas dalam macam2 Hadist2.  Meskipun
banyak hadist2 yang saling bertentangan, umatnya tetap bisa menggunakannya
sesuai kebutuhnan.  Itulah awal dari pecahnya semua agama dalam sekte2.
Contohnya, AlQuran melarang "Riba" bisa diartikan oleh umatnya sebagai tidak
boleh menggunakan jasa perbankan, tapi ada umat lainnya bilang bahwa jasa
perbankan itu bukanlah "Riba" melainkan usaha jual beli jasa & uang, anda bisa
berdebat bahwa dalam Al Quran tak satupun ada ayat yang melarang jasa
perbankan.  Tentu saja zaman Muhammad belum ada uang seperti sekarang, bisnis
pun barteran.  Jadi tak relevan pak Ogah terlibat perdebatan agama kayak gini.
Itulah alasan yang mutlak bahwa agama tidak bisa dijadikan hukum bagi manusia
maupun negara ataupun organisasi apapun karena lebih mengakibatkan pertentangan
daripada persatuan.

Umat Islam memang tak pernah bisa mengikuti perkembangan yang terjadi dalam
ilmu pengetahuan, karena mereka selalu berprasangka buruk terhadap semua yang
berasal dari yang bukan Islam sebagai ingin merusak kepercayaan mereka (memang
tak salah, kepercayaan Islam akan hancur dengan sendirinya dengan meningkatnya
pendidikan formal).  Krisis yang paling parah yang pernah terjadi adalah
terhadap agama Kristen/ katolik dimana dalam semua diskusi filsafat selalu
dikalahkan dengan berbagai argumentasi logik dan fakta2 pendukungnya.  Tidak
ada satupun konsensus yang ada maksud itu pernah terjadi, tapi yang pak Ogah
maksudkan bahwa UMAT BERAGAMA (KRISTEN/KATOLIK) TELAH BANYAK BELAJAR DARI
SEJARAH MEREKA BAHWA BANYAK HAL YANG MEREKA PERCAYA ITU TERBUKTI TIDAKLAH
BENAR.  MEREKA TETAP YAKIN TERHADAP KEPERCAYAAN MEREKA DENGAN TAK PERLU
BERKONFLIK DENGAN FAKTA2 ILMU PENGETAHUAN.  SEJARAH AKHIRNYA MEMBUKTIKAN BAHWA
SISTEM SEKULER LAHIR DI-TENGAH2 UMAT KRISTEN KATOLIK INI.  DENGAN SISTEM NEGARA
SEKULER MEREKA RELA MENYERAHKAN SISTEM KEKUASAAN NEGARA DENGAN MENGORBANKAN
DOMINASI AGAMA KEPADA SISTEM YANG TIDAK TERIKAT PADA KEPERCAYAAN AGAMA APAPUN
JUGA.  HAL INILAH YANG TAK MUNGKIN TERJADI PADA DUNIA ISLAM MESKIPUN PADA
KENYATAANNYA SECARA PRIBADI BANYAK UMAT ISLAM YANG MENGANUT PAHAM SEKULER.
SEORANG UMAT ISLAM YANG MENGANUT PAHAM SEKULER (UMUMNYA YANG BERPENDIDIKAN
TINGGI) SELALU MENJADI KORBAN ATAUPUN DISINGKIRKAN OLEH LINGKUNGAN AGAMANYA,
INILAH YANG MEMBEDAKAN ISLAM DENGAN AGAMA2 LAINNYA.

Silahkan baca semua literature mengenai "Sejarah Arab", akan anda temui
segalanya, dimana zaman "preIslam" dan "zaman Islam" merupakan bagian yang
terpisah.  "Sufi" itu pun bukan dari bahasa Arab tapi "Greek".  Memang penduduk
di Mesir itu termasuk yang nomad sehingga termasuk Arab, ada beberapa ahli yang
tak setuju dan membuat definisi Arab itu berbeda dari arti "Nomad", tapi
kembali kepada pokoknya, tulisan pak Ogah justru ingin memberi tambahan
informasi yang terlalu mudah diselewengkan oleh kepercayaan agamanya yang
berasal dari paham satu orang yang dipercayanya Nabi utusan Allah, sedangkan
kenyataannya terlalu banyak yang tak bisa dibuktikan bahkan terbukti berlawanan
dengan apa yang mereka percaya.  Kalau anda meragukan semua tulisan pak Ogah
tentunya menjadi tidak tepat bila anda percaya pada agama anda.  Karena
meragukan sesuatu yang merupakan interpretasi penemuan arkeologist disatu pihak
tapi percaya penuh keyakinan pada kitab tulisan satu orang tentang Allahnya
tanpa perlu bukti2 apapun dilain pihak.  Tentu tak relevan pula disini untuk
diperdebatkan karena kepercayaan bukanlah sesuatu yang eksist yang bisa
diterima siapapun.  Berbeda dengan opini yang bisa menunjukkan logika suatu
kejadian, yang bisa meyakinkan siapapun tanpa perlu mereka menyaksikannya
sendiri.  Contohnya, test DNA bisa digunakan membuktikan pelaku pemerkosaan,
meskipun si pelaku itu ditempat gelap yang tak bisa dilihat wajahnya tapi bisa
dipastikan melalui logika pemeriksaan laboratorium secara ilmu pengetahuan.
Kepercayaan mungkin juga bisa dengan melakukan meditasi kemudian didatangi
malaikat yang kemudian memberi tahu anda siapa pemerkosanya, tapi tentu saja
cuma anda yang yakin sedangkan orang lain tidak.

Memang banyak dewa2 dalam bangsa Arab waktu itu, tapi yang pak Ogah
informasikan adalah arti "Allah" itu adalah berasal dari kata satu2nya dewa
matahari yang terbesar "Bin Al Lhat = Al Lhah = Al-Lah = Al-Ra".  Jadi kutiban
nama dewa2 Arab anda itu tak relevan.  Islam sendiri mempunyai lebih dari
seratus nama "Allah" yang dulunya merupakan nama dewa2 bangsa Arab sebelum
Islam.  Yang justru pak Ogah ingin tekankan adalah bahwa Muhammad (nabi)
menentang semua pemujaan dewa2 ini.  Jelas dalam Al Quran yang sekarang
dipercaya ini menuliskan banyak hal yang inkonsistent yang tak mampu
diterangkan siapapun juga, sedangkan banyak hadist2 diciptakan untuk meluruskan
segala yang bengkok meskipun jadinya lurus disatu tempat, tapi jadi bengkok
ditempat lainnya.  Contoh "riba" seperti contoh diatas salah satunya, yang
lainnya masalah sembahyang dengan arah ke Kabah, dulunya ke Yerusalem tapi
tanpa penjelasan yang jelas dipindahkan ke Kabah.  Padahal yang pasti adalah
Muhammad yang asli itulah yang sembahyang kearah Yerusalem, tapi setelah dia
dibunuh, arahnya berubah ke Mekah / Kabah.  Hal ini diperkuat bahwa kenabian
Muhammad pertama kali di umumkan oleh Waraqah (seorang Yahudi yang dikatakan
Quran sebagai umat Kristen).  Waraqah adalah paman terdekat Siti Khadijah
(istri Muhammad yang nabi).  Itulah sebabnya Muhammad hijrah ke Medinah dimana
Islam resmi dimulai.  Tapi setelah Muhammad yang nabi ini dibunuh, semua cerita
bisa berbalik seratus delapan puluh derajat.  Mengapa disatu pihak Muhammad
dikatakan sebagai suami yang adil terhadap semua istri2nya tetapi dilain pihak
Aisyah merupaka istri yang paling dikasihinya????  Hanya satu jawabannya,
Aisyah itu anak Abu Bakar.  Meninggalnya Muhammad inilah yang memberi
legitimasi Abu Bakar mertua Muhammad sebagai penggantinya meskipun banyak yang
menentangnya tapi semuanya dibunuh habis yang merupakan suatu tradisi dalam
dunia Islam hingga saat ini dimana musuh tak satupun dibiarkan hidup.

Sekali lagi pak Ogah tak akan meladeni debat kusir, di al quran jelas bahwa
Muhammad yang diminta Khadijah untuk jadi suminya, dalam istilah modern kita
katakan Muhammad dilamar Khadijah.
Kalau anda mau debat kusir pun ternyata kalimat Syahadat itu mengatakan "aku
bersaksi tiada....." padahal anda tak pernah bersaksi.

Setiap sepuluh tahun kalender sekarang akan terpaut 2 tahun dengan kalender
Arab.  Sehingga berdasarkan apa yang anda ketahui ternyata tetap tidak tepat,
tapi yang lebih tepat adalah 5 tahun bedannya.  Meskipun pada kenyataannya
bahwa semua tahun2 itu dipastikan tidak tepat, tapi yang berlaku dan dipercaya
dalam semua tulisan mengenai sejarah Muhammad digunakan angka 5 tahun ini bukan
13 tahun.

Semua ini memang ada tulisannya, jadi bukan untuk diperdebatkan, bahkan pak
Ogah punya catatan otentik dari zaman Nabi Muhammad hidup yang menyatakan istri
nya cuma satu yaitu Khadijah.  Tulisan2 tentang istri2 nabi Muhammad semuanya
muda, yang tua itu adalah Khadijah istri pertamanya.  Kalau anda membaca
istri2nya tua, mengapa Aisah dinikahi umur 6 tahun (pak Ogah menghitungnya 8
tahun)?????  Tak usah didebat segala yang inkonsistent, dan memang secara
keseluruhan AlQuran bukanlah meragukan tapi DIPASTIKAN TIDAK VALID dan hanya
berisi mantera2 yang bisa di artikan kemanapun maunya anda, itulah sebabnya
ribuan Hadist2 bisa dihasilkan, dan tergantung anda hadist mana yang mau anda
percaya.  Tentunya hukum maupun moral manusia zaman sekarang tak mungkin
berpatokan pada cara2 purba kayak gini khan!!!

Silahkan anda cari dan baca sendiri, pak Ogah sekedar memberi informasi.  Bukan
berarti pendapat pak Ogah membenarkan Syiah, melainkan sekedar membuktikan
semuanya mempunyai pandangan2 yang berbeda yang memastikan tak bisa satupun
dipercaya.

Belajarlah bahasa hebrew, kemudian belajar sejarahnya.  Informasi yang didapat
pak Ogah adalah catatan bangsa Yahudi sendiri.  Kalau dalam AlQuran ada catatan
Nabi Muhammad menjagal Orang Yahudi di Medinah karena melanggar perjanjian,
bagaimana anda yakin tak ada catatan orang yahudi yang menceritakan mereka
dijagal Islam????

Anda tak perlu meragukan, karena pemerintah Arab Saudia tak pernah memberi izin
untuk itu, semua ini dilakukan dalam rangka pencurian benda2 purba dari bawah
padang pasir di Arab Saudia melalui izin pemboran minyak ataupun usaha2
lainnya.  Kaabah tidak termasuk benda ajaib seperti Borobudur, Pyramide dan
lain2nya yang termasuk keajaiban dunia, tentu saja karena hasil penelitian
membuktikan hal tersebut.  Benda Kaabah hanya bernilai religious tanpa nilai
scientifik apapun apalagi mau dibandingkan dengan pyramid di Mesir.

Cobalah periksa setiap muslim yang menggunakan kalung al-Quran, dibelakangnya
ada garis2 yang menggambarkan sinar, itulah cahayanya matahari.
Demikian juga lihatlah gambar Yesus, Maria dll, kepalanya ada "halo" seperti
bulan purnama yang berwarna kuning yang menggambarkan sebagai Tuhan, tapi itu
tidak berarti sinar matahari.
Nontonlah filem2 yang ada nabi muhammadnya, muka sang nabi tak boleh
diperlihatkan melainkan cahaya matahari yang diperlihatkan.

Umat Islam menuduh Kristen menyembah salib, menuduh budha menyembah patung
budha, menuduh banyak lagi agama yang menyembah patung2.  Dilain pihak Kristen
menolak dianggap menyembah salib, Budha menolak dianggap menyembah patung
Budah.  Apa bedanya dengan anda menolak dianggap menyembah Kabah??

Kristen mensucikan Salib lambang Tuhannya dengan ritual penyembahan tanpa mau
disebut menyembah!
Islam mensucikan Kaabah (dulunya dianggap tempat tinggal dewa Al Lhah / Dewa
Ra) dengan ritual rukun wajibnya, tanpa mau mengakui itu berarti menyembah
batu.
Budha menghormati patung Sidharta Gautama, guru yang menemukan jalan Dharma,
sehingga umatnya menyembah patungnya tanpa juga mau menyebut sebagai menyembah.

Hindu menyembah Tuhannya yang menitis dalam lembu yang kenyataannya memberi air
susu untuk kehidupan manusia, juga bukan menyembah lembu tapi Tuhan sedangkan
lembu hanyalah object sebagai simbolis Tuhannya, jadi yang disembah itu Tuhan
bukan lembu, lembu se-mata2 simbolis meskipun kenyataannya tak boleh
dimakannya.

Jadi tak usah membuang waktu berdebat arti yang kita bisa mengerti sama untuk
dibuat jadi berbeda!!!!

Tak usah memperkenalkan naskah Qumran, mungkin itu cuma berarti bagi anda yang
percaya Islam, tapi dianggap sampah oleh yang tak mempercayainya.  Semua kitab
yang bersumber AlQuran, ataupun kepercayaan tak perlu anda perkenalkan ataupun
membahasnya.  Dunia ilmu pengetahuan sudah mencakup semua itu.  Jadi kalau anda
mau hanya menonjolkan kepercayaan anda bukan disini tempatnya.

> Downloaden Sie MSN Explorer kostenlos unter http://explorer.msn.de/intl.asp

Small business owners...
Tell us what you think!
http://us.click.yahoo.com/vO1FAB/txzCAA/ySSFAA/vbOolB/TM