Terimakasih Uni Rahima..

Mm.. mohon ma'af kalau saya agak sulit percaya..hi...hi..hi..
Ini tidak ada hubungannya dengan Nasionalisme segala. Tapi perhitungan saya
tentu saja sifatnya rata-rata. Kalau difikir-fikir, juara olimpiade, fisika,
matematika, dan lain-lain kan banyak dari Indonesia. Berarti nggak kalah
dong sistem pendidikan kita. Bahkan Juara olimpiade fisika asalnya dari
Irian Jaya. Tapi ya sulit juga kalau kita bilang bahwa mutu pelajaran fisika
di Irian Jaya lebih tinggi dari Amerika atau di Jakarta misalnya (secara
rata-rata)

Kalau dilihat hasil penelitian peringkat dunia universitas, terlepas dari
bagaimana metode pengukurannya, tetapi memang ada kecenderungan bahwa
universitas-universitas utama di dunia adalah universitas di negara-negara
maju. Tanpa bermaksud merendahkan kwalitas perguruan tinggi di negeri
sendiri, tetapi ya kok rasa-rasanya wajar-wajar saja kalau perguruan tinggi
di negara-negara maju lebih berkwalitas.

Bagi saya sih, ungkapan seperti ini hanyalah sebuah otokritik. Saya secara
pribadi sangat berharap, suatu saat nanti negeri kita adalah sebuah negeri
yang menjadi kiblat ilmu pengetahuan. Saya dulu pernah membuat tulisan iseng
mengenai kondisi di tahun 2xxx di mana orang asing berduyun-duyun ingin
sekolah di Indonesia. Bahkan banyak orang yang tekun belajar UBISBA (Ujian
Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Asing) sebagai sarat untuk masuk ke
perguruan tinggi Indonesia..he..he..he.. Namanya juga pikiran iseng.

Wallahu a'lam