Assalamu'alaikum wr.wb.,

Firman Allah di dalam surah Al Maidah ayat 72 dan 73 yang kemarin saya tulis
sebagian saja adalah sebagai berikut;
'Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang berkata; " Sesungguhnya Allah ialah
Al Masih putera Maryam". Sedangkan Al Masih sendiri berkata; "Hai Bani
Israel! Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu. Sesungguhnya siapa yang
mempersekutukan Allah, maka sesungguhnya Allah mengharamkan surga baginya.
Dan tempat tinggalnya ialah neraka. Dan orang-orang aniaya tidak ada
penolongnya". - Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan; "
Bahwasanya Allah salah satu unsur dari yang tiga". Padahal tidak ada Tuhan
selain Allah Yang Mah Tunggal....(sampai akhir ayat).

Dikedua ayat tadi diawali dengan 'laqad', (ambo bukan ahlino) yang artinya,
penekanannya sangat pasti, bahwa orang yang mengatakan bahwa Isa anak Maryam
itu adalah (bagian dari) Allah, maupun orang-orang yang mengatakan bahwa
Allah itu adalah satu diantara tiga, maka orang yang mengatakan itu, laqad,
sungguh-sungguh, kafir adanya.

Jadi ada ayat al Quran yang mengatakan bahwa orang Nashrani yang percaya
dengan Isa itu adalah anak Tuhan, bagian dari Tuhan yang tiga, maka mereka
itu adalah kafir. Bukan sekedar dikatakan ahli kitab saja. Bagi orang-orang
kafir seperti mereka sesuai dengan firman Allah diatas, tidak ada seorang
penolongpun, mereka pasti masuk neraka. Mudah-mudahan dapat difahami bagi
kita-kita yang masih ragu-ragu menyatakan bahwa orang Kristen itu adalah
kafir.

Wassalamu'alaikum wr.wb.,

Lembang Alam