--- Sutan Sinaro <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamu'alaikum.w.w.
>
>   Mari kita teruskan ke halaman 79, dan mohon bu
> guru
> mengoreksinya.
> Arabnya lihat di attachement file mangajiRN.
>
> "tamaarin"
>
> (1) "hawwilul mubtadaa-u fii kullin minal jumalil
> aatiyah ila jam'un ma'aa taghiiyari maa yalzam"
>  Bu guru tolong terjemahkan perintah ini.

Da Sutan, sebelum saya terjemahkan, ada baiknya saya
koreksi dulu kesalahan baris yang da Sutan tuliskan.
Saya kira pertama sekali da Sutan sudah benar
menuliskannya, contoh kata " hawwilul" benar begitu
dibaca kalau ia jamak(plural), tetapi setelah saya
check langsung buku pegangan, jelas itu salah
baca.contoh:

1) "Hawwilul" yang benarnya adalah "hawwil(lil)"
kenapa begitu?
karena ia adalah bentuk fi'il amar yang mufrad(satu).
Asalnya adalah "hawwala, yuhawwilu, hawwil", lantas
kenapa dibaca "hawwilil?"
Jawabnya : Karena bertemu dengan aliflam, maka
seharusnya baris akhirnya sukun(mati), maka dibaris
bawahkan(kasrah), menjadi "hawwili"

Sama dengan pembacaan "lam yakun alladziinakafaruu"
"lam Yakun" ketika membacanya bersambung dengan
kalimat sesudahnya, maka ia akan dibaca menjadi : "Lam
yakunil". Banya contohnya kalau kita membaca AlQuran.

Kemudian "AlmubtadaaU"(dengan baris depan akhirnya),
yang benarnya adalah "Al MubtadaaA"(dengan baris atas
akhirnya), kenapa bisa begitu?

Jawabnya : Karena ia adalah maf'ulummbih(pelengkap
penderita).
Kita sudah pelajari, setiap objek, atau pelengkap
penderita, kalau ia mufrad, maka tanda nya adalah
baris atas akhirnya.

Contoh : "Dha' alkitaaBA" (letakkanlah oleh kamu kitab
itu)
Kitab disana i'rabnya sebagai objek penderita, maka
baris akhirnya nya harus baris atas.

'Ila jam'un" benarnya adalah "ilaa jam'in"(saya kira
da Sutan dalam hal ini lupa saja, karena kita sudah
tahu semuanya setiap kalimat sebelumnya didahului oleh
huruf dzar maka barisnya adalah kasrah(baris bawah)

Untuk terjemahannya sebagai berikut:

" Robahlah oleh kamu mubtada pada kalimat dibawah ini,
beserta perobahan yang lain, bila perlu".

Rasanya, untuk sementara ini saja dulu.

Wassalamu'alaikum. Rahima