On 9/5/06, proto_melayu <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Kalau menurut sumber yang proto miliki Wahhabisme adalah teologi
> puritan yang dasar dasarnya disusun pada abad 18 dipelopori oleh
> Muhammad ibn "abd al- Wahab . memang pada penghujung abad 18 doktrin
> wahabi digabungkan dengan kekuatan politik dan militer Al Saud dengan
> tujuan menentang hegemoni Usmaniyyah di kawasan Arab. Walupun kemudian
> gagal akibat campur tangan Mesir.  Namun ideology ini tetap bertahan
> dan bahkan tetap bergabung dengan kekuatan militer dan politik suku
> suku di sekitarnya..

Mengatakan bahwa tujuan kerja sama antara Muhammad bin Abdil Wahhab
dan Muhammad bin Su'ud adalah untuk menentang hegemoni Utsmaniyyah
perlu dipertanyakan. Negeri mereka sendiri bukan termasuk daerah yang
diperhatikan oleh pemerintahan Ustmani. Abdullah bin Sa'ud (cicitnya
Muhammad bin Su'ud) pun mengirimkan surat yang mengakui kekuasaan
Sultan Mahmud al-Ghazi dan menasihati beliau.

Benar bahwa terjadi peperangan antara kedua belah pihak. Hal ini
terjadi karena banyak yang tidak menyukai dakwah Muhammad bin Abdil
Wahhab dan memprovokasi pihak Utsmani untuk memusuhinya. Peperangan
itu sendiri setahu saya terjadi setelah wafatnya Muhammad bin Abdil
Wahhab.

Keadaan pemerintahan Utsmani saat itu juga banyak dirasuki oleh
tarikat-tarikat sufi. Sehingga ada konflik kepentingan dengan dakwah
Muhammad bin Abdil Wahhab.

Lihat di:

http://www.salafindo.com/viewartikel.php?ID=82

Yang menarik, Ibrahim Pasya, anak Muhammad Ali Pasya (keduanya menjadi
utusan Ustani untuk memerangi Bani al-Saud), justru kemudian memerangi
Utsmani untuk memisahkan diri.

Ada buku yang mencatat masa-masa perseteruan antara Bani al-Saud dan
Muhammad Ali Pasya dari pihak ketiga. Mungkin dapat membantu untuk
melihat keadaan masa itu.

J.L. Burckhardt, 1831, "Notes on the Bedouins and Wahábys"

> Kalau protoa melihat kekhalifahan yang mungkin bisa di bentuk adalah
> kepemimpinan agama saja. Seperti halnya vatikan yang tidak mencampuri
> wilayah politik dan ekonomi. Namun kalau masuk ke wilayah pemerintahan proto
> kok kurang yakin akan tercapai...atau apa karena proto masih kurang
> memahami konsepnya yah ? mohon penguraian dari sanak ahmad Ridha
> mengenai konsep khalifah ini..

Pemerintahan adalah sarana untuk menegakkan syari'at Islam karena ada
hal-hal yang tidak dapat dilakukan kecuali dengan kekuatan penguasa
seperti pelaksanaan hukum hudud dan qishash. Begitu juga dalam masalah
lain seperti ekonomi yang perlu diatur sesuai syari'at Islam.

Oleh karena itu, tidak tepat membandingkan penguasa Islam dengan
kekuasaan Paus dalam Katolik Roma.

Mengenai metode pemilihan pemimpin dalam Islam telah saya sebutkan sebelumnya.

Allahu Ta'ala a'lam.

Wassalaamu 'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh,
--
Ahmad Ridha ibn Zainal Arifin ibn Muhammad Hamim
(l. 1400 H/1980 M)