Key West

  Florida sebagai tujuan wisata memang banyak keunikan yang ditawarkan, seperti
sirkuit balapan mobil di Daytona, Disney World di Orlando, peternakan buaya dan
perkampungan Indian di Everglade dan sebagainya. Key West adalah salah satu
keunikan yang dijual yaitu sebagai pulau terakhir berpenghuni diantara gugusan
kepulauan diujung paling selatan Florida, negara bagian  yang dipimpin oleh Jeb
Bush, adik dari presiden AS sekarang. .

  Beberapa kali mengunjungi Florida, kami sekeluarga belum dapat mengambil
kesepakatan untuk berkunjung ke Key West, kota pulau yang cuma berjarak sekitar
150 km dari Cuba. Saya selalu kalah suara dengan anak-anak serta ibunya, dengan
alasan karena jarak yang jauh dari Miami, yaitu sekitar 4 jam mengemudi. Tahun
ini saya menang voting, karena dapat tambahan suara dari Luigi sang mantu dan
isterinya Medina. Jadilah kami berangkat dengan kemudi dipegang oleh Luigi.

  Menuju Key West harus melalui deretan kepulauan yang memanjang melengkung.
Pulau satu dengan lain dihubungkan dengan jembatan beton yang panjangnya
bergantung dengan jarak satu pulau dengan pulau. Kebanyakan pulau kecil-kecil
tak berpenghuni, sehingga kita bisa melihat samudra Atlantic disebelah kiri dan
Teluk Mexico disebelah kanan. Pulau pulau besar yang juga ada denyut wisata
bahari adalah Key Largo, Islamorada dan Marathon. Saya minta mampir di
Islamorada, karena tertarik dengan namanya yang ada Islam-nya. Tadinya saya
berfikir kota pulau kecil ini ada hubungan dengan Islam. Mungkin orang Islam
yang menemukan pulau ini. Luigi orang Itali yang fasih juga berbahasa Spanyol
mengatakan bahwa itu adalah bahasa Spanyol yang berarti
  “pulau kelam”. Rupanya itu berasal dari “isla” dan “morada”. Wah kecele aku….
  Tapi ada yang menarik aku temui disini, yaitu panggung terbuka untuk
pergelaran konser.
  Bentuk atap panggungnya indah melengkung, terbayang kalau itu berbentuk rumah
bagonjong. Didepan panggung berderet bangku beton panjang melengkung berbentuk
teater. Apa yang terpikir dalam rangka menggalakkan wisata seni traditional di
Sumbar, adanya panggung terbuka seperti itu disetiap kabupaten yang secara
rutin menampilkan kesenian Minang yang unik itu.

  Sekitar jam 1 siang kami sampai di Key West, kota kecil yang bergaya Karibia
itu. Rumah penduduk berderet kecil berdinding papan. Kalau dulu diabad ke-19
penduduk kebanyakan orang Karibia yang berbahasa Spanyol. Sekarang dengan
kemajuan wisata, rumah-rumah itu sudah banyak berpindah tangan ke orang berduit
sebagai rumah peristirahatan dimusim panas. Namun pemerintah kota membuat
ketentuan tidak boleh merubah bentuk rumah asli, demi kelestarian sejarah. Kami
langsung keujung selatan pulau itu, dimana ada tugu yang terletak bersebelahan
dengan markas angkatan laut AS. Pada tugu yang tak terlalu indah itu tertulis
“The Southernmost Point”. Kami langsung bergabung diantrian turis yang ingin
berfoto ditugu itu. Yang menarik, pengantri dibelakang terdepan selalu
menawarkan bantuan untuk mengambil foto. Sehingga yang datang berpasang atau
sekeluarga bisa berfoto lengkap.

  Apa yang ditawarkan Key West? Kok saya lihat tak ada yang unik. Rumah-rumah
tua, museum, motor boat sewaan, toko-toko souvenir, bar, restoran. Rasanya
lelah perjalanan 4 jam dari Miami tak sebanding dengan apa yang kami nikmati.
Memang promosi sangat memegang kunci keberhasilan suatu tujuan wisata.
Disamping fasilitas setempat, rasa aman dan kesiapan warga lokal menerima tamu
yang menghidupkan ekonomi kotanya.

  Mau lihat beberapa foto, kilik dibawah
    http://picasaweb.google.com/dutamardin/Miami

Sukseskan Pulang Basamo 2008