From: [EMAIL PROTECTED] [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of suheimi ksuheimi
Sent: Tuesday, February 13, 2007 12:55 PM
To: [EMAIL PROTECTED]; palanta@minang.rantaunet.org
Subject: [EMAIL PROTECTED] ULANG TAHUN

ULANG TAHUN

Oleh:Dr.H.K.Suheimi

8 Desember, hari ini Irham berulang tahun, tanpa terasa 17

sudah umurnya. Rasanya masih seperti kemarin saat dia dilahirkan,

2 hari 2 malam ibunya menanggung sakit, keletihan dan ke capaian.

Puncak dari semua itu hari senin jam 20.00, 17 tahun yang lalu

Irham mengoak dia terlahir ke dunia. Sekarang dia jauh lebih

tinggi dari saya, kalau kami berdiri, saya hanya sebatas dagunya,

masih segar dalam ingatan saat-saat pertama dia mengoak, betapa

syukurnya hati ini mendengar tangisnya yang keras, dadanya kem¬

bang kempis, betapa rakusnya dia menghisap ASI.

„ „
Biasanya setiap kali dia ulang tahun saya belikan kado   berupa
mobil-mobilan, karena dari kecil dia senang sekali dengan   mainan itu.
Tapi kini usianya sudah menginjak 17, tahun depan dia   sudah jadi
mahasiswa, kalau kadonya mobil-mobilan atau Tamiya   tentu dia tak mau
lagi. Lama saya berfikir kado apa yang sebaik   nya kalau anak sudah kelas
3 SMA. Tanpa sengaja saya jalan-jalan   ke tempat penjualan komputer,
disana ada note books komputer type   TI 486 slc/25 Megahertz. Saya
tertarik pada komputer ini, hanya   sebesar buku catatan harian, ringan
dapat dibawa kemana-mana,   diatas pesawat, diatas bus atau diatas beca
sekalipun kita dapat   memainkannya, apalagi komputer ini di perlengkapi
dengan mouse   dan program microsft windows, dan Body Works. Karena
program-pro¬  gramnya masih baru, maka saya terpaksa belajar dulu
memakainya.   Setelah bisa menguasainya, barulah saya ambil komputer ini
seba¬  gai hadiah
 ulang tahun Irham. Waktu menyerahkan hadiah saya pesan   pada Irham dan ke
tiga adik-adiknya, agar note books komputer ini 

ð 7 3 Šjangan di buka dulu,
karena ada program baru dan peralatannyapun   halus-halus. Tunggu nanti
papa pulang praktek akan diajarkan   bagaimana memainkannya, lalu komputer
itu saya simpan dan sembu   nyikan.

„ „
Tapi dasar anak zaman sekarang, mana yang dilarang itu pula   yang
dikerjakannya, mana yang disimpan itu pula yang dicarinya.   Sepulang saya
dari tempat praktek, komputer yang saya sembunyikan   itu telah di
peretelinya berempat beradik kakak.
Betapa terke¬

jutnya saya menyaksikan ke empat-empatnya berkumpul di sekeliling  
komputer. Saya marah, khawatir, jangan-jangan komputer yang baru   di beli
itu rusak. Tapi bagaimana saya bisa marah, kalau si   bungsu anak saya yang
terkecil yang berusia 8 tahun, berteriak   memanggil "papa" sembari ingin
memperlihatkan hasil kerjanya,   ingin memperlihatkan kepandaiannya.
Ternyata dia sudah selesai   menyalin pelajaran sekolahnya 3 helai. Hasil
ketikkannya itu   bagus karena sudah di set oleh komputer. Kemudian
dilihatkannya   kemampuannya yang lain mempermain-mainkan mouse dan
mengutak atik   microsoft windows. Saya heran kok anak kecil ini bisa
memain¬  kannya?. Rupanya sewaktu saya pergi praktek, kakaknya mengambil
  komputer yang saya sembunyikan dan mencobakannya.
Karena sebe¬

lumnya dia sudah punya Game SEGA dan Nitendo, maka dengan mudah   dia
mengert perintah-perintah yang ada dalam komputer.
Saya jadi 

terngangak dan bengong sewaktu anak saya memperlihatkan banyak   sekali hal
yang dapat dikerjakan dengan komputer kecil ini. Ber   macam-macam program
rupanya ada didalamnya.
Menyaksikan semua 

itu, saya tidak jadi marah, malah marah saya berobah menjadi   rasa kagum
dan heran akan kepandaian anak-anak.
Tadinya saya 

berniat sehabis praktek akan memperkenalkan note
books komputer
ð 7 3 

8 3 Šini pada mereka,
ternyata mereka lebih tahu daripada saya. Rasa   marah saya sekejap berobah
menjadi rasa syukur, karena ternyata   anak saya adalah anak-anak zaman
sekarang, lebih cepat tahu dan   tidak takut-takut menggunakan perlatan
yang baru saja di kenal   nya.

„ „
Menjelang tidur saya merenung akan marah saya tadi, akan  
perbuatan-perbuatan saya selama ini. Selama ini dalam mendidik   anak,
sering marah, dan sering membentuk mereka sesuai dengan ke   inginan saya
sendiri. Tapi sesudah beberapa kali saya coba, ter   nyata mereka lebih
banyak punya kemampuan dan kepandaian. Kadang-  kadang mereka lebih banyak
mengetahui apa-apa yang belum saya   ketahui. Beberapa kali saya ingin
memberi bimbingan tentang pela¬  jaran Fisika dan matematik, yang sewaktu
saya SMA dulu senang   sekali kepada dua mata ajaran ini. Tapi setelah saya
balik-balik   buku anak-anak sekarang tentang matematik dan Fisika, saya
bin¬  gung dan saya tidak mengerti lagi, sedangkan anak-anak, dia lebih 
 tahu dan tampaknya lebih pintar tentang apa-apa yang sedang dipe¬ 
lajarinya.

„ „
Sewaktu akan praktek saya sembunyikan komputer kecil ini,   karena saya
takut akan di ganggu oleh anak-anak, kalau mereka   salah tekan atau salah
sambung, tentu komputer ini akan rusak.   Dibayangi dan dihantui oleh
ketakutan itu, menyebabkan saya   melakukan tindakkan yang tidak perlu,
malah merugikan.
Dan dihan¬

tui oleh sikap tidak percaya akan kemampuan anak menyebabkan saya   lebih
dan super hati-hati. Tapi ternyata apa yang saya takuti dan   apa yang saya
bayangkan itu ternyata tidak terjadi.

„ „
Dalam hidup kita sering dibayangi oleh ketakutan oleh   bayang-bayang
sendiri. Ketakutan yang tidak bersebab,
ketakutan
ð 7 3 

8 3 Šyang tidak
beralasan. Kita terlalu sering mengadakan proteksi   yang tidakperlu, dan
terjata banyak sekali diantara proteksi itu   yang menghambat dan
menghalangi. Terlalu sering kita menghambat   langkah anak-anak dengan
mengatakan awas, hati-hati, jangan   begini jangan begitu. Sering kemampuan
anak itu kita nilai jauh   berada jauh dibawah kemampuan kita, padahal yang
terjadi sering   sebaliknya. Tanpa kita sadari kita sering menjadi sebab
dan   menjadi penghalang akan kemampuan dan ke bisaan anak-anak sekali 
 gus menjadi penghalang untuk dia bisa maju melenceng jauh ke   depan. 

„ „
Di hari ulang tahun Irham ini saya dapat pelajaran berharga   dan akan
berusaha merobah sikap over proteksi dan akan lebih   banyak memberi
kesempatan padanya. Sewaktu malam saya lihat   badanya begitu panjang.
Kakinya sudah sampai ke ujung tempat   tidur, dia telah tumbuh jadi manusia
dewasa, dia lebih tinggi dan   sebetulnya dia sudah bisa di lepas untuk
mengharungi dunia dan   mengharungi hidup ini.

„ „
Dihari ulang tahun kelahirannya ini saya teringat akan   sebuah Firman
Suci_Nya dalam Al_Qur'an surat Ali Imran ayat 110,   sebagai hadiah untuk
ulang tahunnya :"Kamu adalah ummat yang   terbaik yang dilahirkan untuk
manusia, menyuruh kepada yang   ma'ruf dan mencegah dari yang mungkar, dan
beriman kepada Allah".

P a d a n g 8 Desember 1992

No need to miss a message. Get email on-the-go with Yahoo! Mail for Mobile. Get
started.
http://mobile.yahoo.com/mail

Sukseskan Pulang Basamo 2008
visit: www.west-sumatra.com