From: razali nazir <[EMAIL PROTECTED]>
To: palanta@minang.rantaunet.org
Cc: [EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, February 28, 2007 6:29:18 PM
Subject: [EMAIL PROTECTED] KERETA API WISATA DAN PAKET WISATA GOLF SUMBAR

KERETA API WISATA DAN PAKET WISATA GOLF SUMBAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Para dunsanak pacinto Ranah Minang.

1.     Sanak Ronal.

Saya tertarik sekali dengan komentar sanak di palanta tanggal 26 Februari 2007
menyinggung mau belajar golf. Golf baik sekali untuk anak muda, lihat saja
Tiger Wood  betapa bagusnya hidup dia dengan penghasilan dari golf.
Pertandingan golf dapat dilakukan mulai dari umur yunior (10 tahun) sampai
senior (80 tahun), lain dengan olah raga sepak bola, sangat singkat sekali
dilakukan untuk pertandingan. Selain sebagai olah raga, golf dapat dijadikan
wadah untuk pengembangan jaringan termasuk jaringan peningkatan bisnis. Untuk
belajar tidak perlu susah-susah, biang golf di Jakarta berada di samping sanak
sendiri, yaitu Bapak Muchlis Hamid.

2.     Sanak Kurnia Chalik

Sebagai penunjang pariwisata Sumbar yang sedang sanak kembangkan sekarang
dengan MPKAS nya, tepat sekali di gandengkan dengan olah raga golf sebab Sumbar
memiliki lapangan golf yang bagus sekali di Anai, tidak ada tandingannya
dimana-mana dengan keindahan alam dan udara sejuknya yang luar biasa
menyenangkan, seperti pengakuan rombongan Duta Besar Austria, Mr. Victor Sagala
waktu saya ajak mereka bermain golf disana sewaktu Bapak Muchlis Ibrahim
menjadi Gubernur.

a)     Kunjungan rombongan Duta Besar Austria ke Sumbar.

Sebelum kami main golf di Anai robongan Duta Besar saya bawa ke Singkarak
dengan mencharter kereta api wisata dari Padang . Mereka betapa senangnya
berenang di danau Singkarak dengan airnya yang sejuk dan pemandangan yang
indah, dikelilingi bukit. Selama di Sumbar rombongan ini saya bawa mereka ke :

Ø      Musium Proklamator R.I. Bapak M. Hatta di Bukittinggi, kemudian belanja
kain Songket Minang di Pandai Sikek dan menginap di Novotel Bukittinggi.

Ø      Menonton kesenian tradisional di Bukittinggi berupa Salawat Dulang,
Saluang, Talempong dan musik tradisional asli Minang. Mereka tertarik sekali
dengan seni budaya Minang.

Ø      Berkunjung ke Puncak Lawang, di sambut dengan tari Pasambahan sambil
menyaksikan pemandangan yang indah sekali kebawah yaitu danau Maninjau yang
dikelilingi oleh gunung di antaranya gunung letter W.

Ø      Dari Puncak Lawang rombongan saya bawa ke Pulau Sekuai, disini rombongan
menikmati keindahan laut dengan pemandangan lampu-lampu nelayan yang
berkedip-kedip di sekeliling pulau. Pada suatu sore kami menikmati keindahan
laut, pulau-pulau, gunung serta perbukitan sepanjang pantai dan menonton keluar
masuk kapal dipelabuhan Teluk Bayur, termasuk kapal penumpang Kerinci. Di pulau
Sekuai kami menginap dua malam dengan komentar : kami harus kesini lagi tapi
untuk waktu yang lebih panjang, minimum satu minggu.

Ø      Di Padang kami mengadakan temu usaha dengan pengusaha anggota Kadin
Sumbar yang waktu itu di ketuai oleh Bapak Basril Djabar. Temu usaha
berlangsung ramai dengan diskusi, tukar menukar informasi, pengalaman dan
menggali prospek bisnis di Sumbar, malah Duta Besar Mr. Victor Sagala
menawarkan beasiswa belajar di Austria untuk jurusan pariwisata.

Kesan Rombongan Duta Besar Austria ini selama di Sumbar.

v     Terpesona dengan keindahan alam, danau, gunung, bukit, laut dan budaya
Minang.

v     Tertarik sekali dengan sistem Matrilinial, kesenian tradisional Minang
yang punya corak tersendiri dan makanan Minang yang enak dengan penyajian cepat.

v     Akan mengajak dan menyarankan orang-orang Austria untuk berkunjung ke
Sumbar.

b)    Golf di Sumbar.

Kami telah mengadakan beberapa event golf di lapangan golf Anai sebagai berikut
:

1)      Pada waktu lebaran tahun 2004, saya bersama Bapak dan Ibu Azwar Anas
secara spontan mengadakan pertandingan golf di lapangan Anai dengan cara yang
simpel sekali yaitu melalui SMS, dihadiri oleh 30 orang pegolf dari Sumbar dan
rantau yang pulang berlebaran (dari Jakarta, Palembang dan Jambi). Efek dari
pertandingan golf ini, pada bulan Desember 2004 rombongan golfer Sumbar datang
ke Jakarta dan bergabung dengan golfer Jakarta, Pakan Baru dan Semarang
bertanding di lapangan golf Gunung Gelis yang dihadiri oleh 43 golfer, termasuk
Mayjend Djasri Marin dan Mayjend (Purn) Dasrul Lamsuddin.

2)      Tanggal 20 Desember 2005 setelah Mubes Gebu Minang di Sawah Lunto dan
seminar rencana pembangunan Sumbar yang dilaksanakan oleh Gubernur Sumbar,
Bapak Gamawan Fauzi, kami melaksanakan pertandingan golf di Anai dengan
mengundang pegolf-pegolf Sumbar dan pegolf peserta Mubes Gebu Minang.
Pertandingan ini di ikuti oleh 32 pegolf dan berlangsung sangat meriah, maklum
bertemu pegolf Ranah dan pegolf Rantau untuk melepas kangen yang sudah lama
tidak bertemu. Pertandingan di ikuti oleh pegolf-pegolf terkemuka di antaranya
: Bapak Januar Muin, Keluarga Datuk Pangeran (Pemilik Hotel Pangeran), Yusman
Kasim (Wakil Walikota Padang).

Saya sudah mempromosikan acara wisata golf dengan melaksanakan dua kali
pertandingan di Anai pada tahun 2004 dan tahun 2005 dengan melibatkan golfer
Ranah dan golfer Rantau. Maksudnya event ini supaya masyarakat Ranah dan Rantau
berkomunikasi bebas melalui golf, terserah mau bicara apa di lapangan golf :
apakah masalah bisnis untuk cari uang atau sosial untuk membangun masyarakat
dan daerah Minang dan lain-lain. Yang jelas antara pegolf ini masalah bisnis
pasti tidak ketinggalan di bicarakan sebab orang-orang Minang punya hobi dan
terkenal sebagai orang pintar dagang. Pada akhir Desember 2005, saya juga
mengadakan golf di Rumbai Pakan Baru dan bicara panjang dengan Ir. Iskandar
Zulkarnaen MT, pemilik toko golf FRENDLY untuk membuat paket wisata golf dari
Riau yang memiliki pegolf jauh lebih banyak sekali dari Sumbar. Beliau sangat
tertarik sekali dengan gagasan ini yang menguntungkan semua pihak, terutama dia
sendiri yang punya toko golf.

c)     Kesimpulan.

1.      Saya mendukung usaha Sanak Kurnia mempromosikan kereta wisata Sumbar
dan digabung dengan wisata tambang batubara di Sawah Lunto yang digencarkan
oleh Walikotanya Bapak Ir. Amran Noor.

2.      Disamping kereta wisata juga ditambahkan dengan paket wisata golf dan
paket wisata diving di Carocok Pesisir selatan.

3.      Wisata golf ini sangat penting dikembangkan supaya orang-orang Minang
Rantau tahu perkembangan Ranah dan ikut memikirkan Pembangunan Sumbar secara
utuh, sekurang-kurangnya mereka ikut memikirkan, mengarahkan dan membantu untuk
kemajuan anak kemenakannya di Ranah apakah dalam pendidikan, usaha, agama dan
lain-lain.

4.      Saya sudah merintis dengan mengadakan 2 pertandingan di Anai dengan
menyediakan Piala dan Lucky Draw. Saya yakin kalau Sanak Kurnia ikut
mempromosikan golf, akan banyak orang yang akan mengikuti jejak saya sebab ini
banyak sekali manfaatnya, baik untuk pegolf sendiri, untuk pedagang yang
terkait dengan event ini (restoran, Sate Mak Syukur, toko sovenir, hotel, taxi
dan lain-lain) dan masyarakat Ranah lainnya. Saya teringat dengan kata-kata
mutiara “ ORANG BISA SAYA PUN BISA “.

5.      Dengan menggalakkan promosi ke dua event wisata ini saya yakin Sumbar
akan padat dengan pengunjung yang berefek positif sekali yaitu Sumbar akan
diantarkan orang Rantau uang banyak yang akan di tampung di Ranah oleh : Hotel,
restoran, pedagang oleh-oleh bawaan dari Ranah ke Rantau, usaha transpor dan
anak kemenakan (batuan uang tanda pulang kampung) dan lain-lain. Yang jelas
para pegolf ini boleh dikatakan golongan masyarakat menengah ke atas banyak
berpikir bisnis dan sosial untuk kampung halaman

Dengan ini maka hubungan Ranah dan Rantau akan terjalin dengan erat, alias
nantinya Rantau dan Ranah menjadi satu (tanpa batas). Ini adalah salah satu
cara menyatukan kembali orang Minang dimana saja berada.

Sanak Zainal Akhir Tanjung

Saya gembira sekali mendengar membawa 200 orang warga Minang untuk berdarma
wisata ke Sumbar dalam rangka pulang basamo. Untuk sanak, saya mengusulkan
supaya peserta rombongan pulang basamo ini membawa stick golf bagi yang main
golf dan main golf di Anai supaya mereka tahu betapa indahnya lapangan golf
Anai untuk di promosikan kepada pegolf-pegolf Riau yang jumlahnya
berlipat-lipat ganda dari pegolf Sumbar (± 10 kali lipat).

Jadi dengan cara begini promosi wisata ke Sumbar dilakukan secara estafet alias
dimulti levelkan dari mulut kemulut, salah satu promosi yang efektif.

Selamat berdarma wisata di Sumbar dan bergolf ria di Anai.

Demikian pemikiran, tanggapan dan contoh event golf yang saya lakukan untuk
meningkatkan kegiatan pariwisata Sumbar, semoga dapat bermanfaat buat kita
semua, Amiin.

Hormat saya,

Ir. Razali Nazir, MSc. Tanjung (Ajo Piaman) 67th

Lelah menerima spam? Surat Yahoo! mempunyai perlindungan terbaik terhadap spam.
http://id.mail.yahoo.com/
Sukseskan Pulang Basamo se Dunia, Juni 2008.
dengan mendaftarkan juga email anda disini dan kedua mirror diatas.

Now that's room service!  Choose from over 150,000 hotels
in 45,000 destinations on Yahoo! Travel to find your fit.
http://farechase.yahoo.com/promo-generic-14795097
Sukseskan Pulang Basamo se Dunia, Juni 2008.