tulisan nya sangat bagus Pak Moch Kobir,
  mencakup segalanya,
  kedalaman nya , kaya akan kata kata, dan enak di baca
  Anda berbakat menjadi Pengarang Buku..
  satu level dengan Almarhum Umar Khayam.
  ini serious lho..
  wassalam
  hari ribowo

moch kobir <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  Assalamualaikum Wr. Wb.

Dear all,

Pertama-tama, izinkan saya mengucapkan Selamat Menempuh Hidup Baru kepada
Adinda:

RADITYO PUTUMAYOR dengan SANTY PUTRI DEWI

yang telah melaksanakan akad nikah tanggal 18 Mei 2007 dan walimah tanggal 19
Mei 2007 kemarin di Aula Masjid Al-Furqon Bandar Lampung.

Semoga kedua mempelai menjadi keluarga yang penuh barokah, sakinah, mawaddah,
warrahmah.

Radityo ini, penyuka sport, sering dipanggil "Ambon" oleh teman-temannya.
Mungkin dia lulus DIII 2004/2005. Seangkatan Asti, Yassir, Arvi pyonk senk,
Mega, Nazif, Galih_liebhert, Pandu, Avviz 007, Erick, dan Jendral. (Hey, apa
kabar kalian semua? Sudah bikin list buat beli kado belum? Jangan dilupain dong
teman kita, biar dia sudah pindah ke Ditjen lain...) Radityo adalah teman saya
juga, dalam MOFES (apa ya kepanjangannya...pokoknya acara belajar bersama
"informal" bahasa Inggris yang dimotori Mbak Sedar dan Mas Dul tiap Rabu pagi,
di Gedung PA seberang jembatan. Masih ada, ndak sekarang?).

Saya salut sama kamu, masih belia sudah berani menjadi "pejantan tangguh".
Telah siap melaksanakan tanggung jawab "separuh dien", walaupun menurut orang
lain bisa digiroposkan, eh dipersepsikan "pernikahan dini". Kita memang
diperbolehkan untuk berburu-buru dalam hal menikah. Bersyukurlah. Cinta itu
anugerah maka berbahagialah. Karena kita sengsara bila tak punya cinta (Iwan
Fals, red.). Saya percaya, Santy "soulmate" Radityo. Kata teman saya: Apa yang
telah dipersatukan Tuhan, jangan dipisahkan oleh manusia...

"Kupersembahkan lagu ini, sebagai tanda cinta kasihku". Dengarkan baik-baik ya..

"Buulan madu di awan biiru, tiada yang mengganggu... Buulan madu di atas
pelangii, hanya kita berduaa, nyanyikan lagu cintaa, walau seribu dukaaaa..
(pakai vibra dong suaranya..), kita tak kan terpisaah..." aaargchh!!!...

"Basah, basah, basah, seluruh tubuh, ah ah ah menyentuh kalbu...
"Manis, manis, manis, semanis maaduuu, ah ah ah mandi madu...
"Basah diri ini, basah hati ini...baagaikan mandi maaduuu...

Aiiir..aiiir...udah mulai berkeringat nih.."teriak para penonton.
"Masih kuat "ngecor"? Sik sik sik...ada pesan sponsor....
"Sing mburi rokok-e opo Mas?"..Ojo lali, rokok Cempaka produksi Tulungagung....

Goyang Mang...(Emangnya "Desah Malam" RCTI..??)

Eling.. Om Kobir.. Eling...(kata Om Zaenal). "Zaenaal....ho uouwow Zaenal..,
lama semakin lama dirimu berubah, tak lagi kurasakan kasih sayang darimu"...

Ya udah, kita ber"Nasyida Ria" saja..
"Duhai senangnya pengantin baru..(te re reng te re reng..)
"Duduk bersanding bersenda gurau..
"Tersenyum simpuul, bagaikan bidadari
"Duhai senangnya...menjadi pengantin baru...

Maunya sih, pakai alunan musik "degung"..tapi "aku tak biasa.. (seperti Alda
Risma), alah alah..nte tiasa!
Dulunya sama Bapak biasa disuruh berlatih jadi orang paling keren di badan.
Apaan tuh? Itu lho jadi 'Penerbang' (pener bangkek-an kalo di-ilikithik..he
he..yang tidak tahu artinya tanya ke orang Jawa, jangan mudah tersungging..).
'Penerbang' bukanlah pilot seperti suaminya "Iis Dahlia". Penerbang yang saya
maksud adalah PENabuh tERbang alias rebana.
"Tola'al badru 'alaina minsaniiyaatil wadaa'
"Wajabasyukru 'alaina..wa 'alaa lillaahi daa'..

Aduh, maaf mempelai berdua ya. Kado "goyang dombret" dari saya segini dulu.
Saya takut kena "Goyang Gosip" jika kebablasan...

Pesan dari Calon Bang Haji (yang bukan mantan suami Angel Elga) ini, ,
ingak-ingak saja selalu sayangi istri sepenuh hati, whenever wherever (kayak
Coca Cola ajah). Jangan pindah ke lain hati, apalagi ke lain bodi. Pamali eta
mah..otok otok otok... Fokuskan pada kelebihan-kelebihan dan kekuatan
tersembunyi yang dimiliki pasangan. Bersinergilah dalam mengarungi bahtera
rumah tangga. Kalau istrimu wanita karier, hargailah kontribusi "shodaqoh" dia
ke keluarga, jangan tuntut jadi "superwoman" yang paripurna dalam "pelayanan
prima" di kantor dan di rumah. Kalau dia 'ratu rumah tangga', hargailah
profesinya, pengorbanannya yang ia persembahkan untuk kita.
Didik dan pimpinlah istrimu, karena kamu "Qowwamuuna alan nisaa". Dia tercipta
dengan tulang rusuk yang bengkok. Jadi, luruskanlah. Jangan kamu sendiri saja
yang lurus...he he he he (hus!ngawur. jangan banyak tertawa ah, mengurangi
Wibawa. Biar Pak Hari Utama saja yang ber Wibawa). Namun, jangan terlalu keras
meluruskannya nanti bisa patah. (Bukan "patah hati"..emangnya Edi
Silitonga-Rahmat Kartolo).

Buat teman-teman yang ingin segera menyusul, semoga jalan jodoh dan rejeki
kalian dilancarkan. Kalau sudah punya calon yang saling mencintai dan memenuhi
kriteria: Cantik, Kaya, Nashab bagus, dan Sholihah. "Stop thinking, start
doing!". Kalau sudah "ngebet" tapi calon istri belum memenuhi kriteria
sepenuhnya, "bismillah" saja. Jangan takut miskin. Rejeki sudah ada yang
ngatur. Malah nambah. Nggak masuk akal yah? That's life! Saya juga dapat anak,
dapat "rejeki rumah dinas" di Pamekasan, pangkat melompat ke III/b, dapat DIV,
bisa ke Australia, juga sesudah berkeluarga. Pak Harto juga gak bakal jadi
Presiden kalau gak beristri Ibu Tien, tul gak tuh?. Kalau beliau beristri Ibu
Nelly Adam Malik, jadi wapres doang dong...he he he..Mau cari yang sempurna?
Hmm..boleh-boleh saja, tapi..apakah kita sendiri juga sempurna?...nah lho.
Jangan sampai pilih-pilih tebu, ntar malah dapet yang boleng..nyaho' deh..

Buat yang sudah pengin, tapi belum punya calon, berdoa dan berusahalah.
"Ud'unii fastajib lakum", mintalah kepada-Ku, niscaya Aku akan memenuhi
permintaanmu. Kalau minta sama Allah, jangan tanggung-tanggung ya..Dia suka kok
sama orang yang meminta kepada-Nya..Sumpe, loe? Swear, dech! Saya dulu, kalau
malam Minggu suka nonton "Gebyar BCA Indosiar" dan pengin kalau punya istri
cantik dan tinggi seperti Moudy Kusnaedy (bukan Moudy Hermawan) atau para model
yang jalan-jalan di catwalk itu. "Ah andai aku dapat yang seperti itu, pakai
pakaian apa saja cocok, gak malu-maluin kalau jadi Ketua Dharma Wanita KPPN
Blitar...hmm. Emang sih, saya gak dapat Moudy karena dia berjodoh dengan Erick
Majer bule Belanda. "Maqom" saya khan pegawai negeri, jadi ya dikasih yang
tingginya 172cm, cantik (kata orang sich, kata saya, bener juga..tapi dia khan
gak baca milist ini...), nurut, sabar, nrimo, dan bisa menjadi "pakaian",
penutup ketelanjangan saya. Oh ya, saya dulu cuma punya dua opsi kalau
cari istri karena sebagai pegawai DJA/DJPB yang pindah pindah: pertama, ibu
rumah tangga, karena bisa diajak kemana saja; kedua; pegawai Depkeu juga biar
bisa mudah mutasi. Tapi tidak mudah mengikuti acara "Katakan Cinta" dengan
pegawai Depkeu. Dulu, pernah cari yang pegawai Depkeu, biar gaji double. Tapi
menggabungkan gaji double, cantik, pinter, sholihah kok ya susah.. (Ada
sih,,Mbak Puspa, misalnya). Tapi orang tipe seperti ini sudah 'laris manis'
tanjung kimpul, biasanya dan sudah punya tambatan hati. Banyak juga sih sesama
Depkeu yang pernah naksir..ceila (siapa hayo..lupakanlah masa lalu..ingat saja
kebersamaan itu..). Tapi kok ya kurang "sreg" dan saya tidak bisa "diperkosa"
jika tidak cinta...Dan saya sangat bersyukur, ternyata Allah lebih Mahatahu
yang "terbaik" untuk menggenapi diri saya. Pintaku telah terjawab.

Buat yang belum ingin dan tidak ingin menikah, ya tak perlu ke"susu", lebih
baik kesikut. PD aja lagi. Jadi jomblo juga ada enaknya. Coba berdendang lagu
"Bujangan" Bang Haji atau Koes Ploes. Asal jangan nyanyi ala Sabun Cusson ' la
la.. lalalala..2x cukup. Menikah itu hukum awalnya mubah, boleh. Terus
bertingkat-tingkat, sunnah, wajib, dan haram, sesuai kondisi (CMIIW). Menikah
bukan ajang coba-coba. Menurut saya, menikah itu ibarat orang kencing. Kalau
sudah kebelet ya harus segera ke toilet, kalau ditahan-tahan bisa sakit,
bengkak, menyerang fungsi ginjal, atau minimal 'anyang-anyangen'. Kalau
belum/tidak kepingin kencing ya jangan dikencing-kencingkan. Ya susah
keluarnya. Sakit lagi. Jadi, jangan menikah semata-mata hanya untuk menunjukkan
bahwa kita sudah laku, hebat, biar tidak ditanya-tanya orang, uji ke-macho-an,
atau apalah. Sebaiknya, tujuan menikah adalah untuk ibadah. Jika sudah
demikian, semuanya lebih mudah diatasi jika ada masalah.
Tapi masa iya, mau tidak menikah terus...? Kalau sudah 30, 40-an cuma dipake
kencing doang..bisa karatan duong...he he he..Lagian khan, 'culture' kita tidak
biasa hidup sendiri di panti jompo sana.

Mau berprinsip 'free sex' dan suka sama suka? Apalagi sekarang chatt di mirc,
yahoo, msn, etc, dengan berbagai channel global, gombal, kadal, tersedia.
Fasilitas friendster, facepic, faceparty dll tinggal pilih. Ada fasilitas
webcamera, free talk, dsb. Banyak situs website yang "ruarr biasa". Hari gini,
nggak perlu jadi mantan menteri agama deh (Munawir Sadzali alias Munafik Sekali
maksudnya..). Media yang seharusnya disyukuri untuk ajang silaturahmi malah
bisa disalahgunakan jadi tools "blind date", bercinta secara terlarang dengan
orang yang tak dikenal. Ya terserah kalian saja-lah, khan tanggung jawab di
dunia akhirat bukan saya yang menanggung. "Lanaa a'malunaa walakum a'malukum"
(amal kepunyaanku adalah tanggung jawabku, amal kepunyaanmu adalah tanggung
jawabmu). Saya berkotbah "Walaa taqrobuzzinaa" Janganlah engkau dekati zina,
pun mungkin masih kalian becandain. "Lho Mas Kobir, yang nggak boleh khan
mendekati zina. Jadi, kalau Zina boleh dong, bo'. Analoginya,
jangan mendekati KA ntar bisa ketabrak, tapi kalau naik KA khan ndak pa pa,
uenak tenan." Kamu emang cerdas, tapi silogisme kamu tidak logis, bukan begitu
maksudnya...

Cuma, kalau boleh saya saling mengingatkan, ingat dosa besar (buat yang gak
percaya, gimana kalau nanti neraka benar-benar ada? yang gak percaya akan rugi,
kalau saya percaya banget kok..), ingat HIV/AIDS and other STD's (Sexual
Transmitted Diseases) lainnya seperti: Gonorhoe, Sphylis, Clamidya, ingat nama
baik kamu, instansi kamu, dan keluarga besar kamu..masih mending kalau jadi MBA
(Married By Accident)...bagaimana kalau tidak, nasib anak yang "tidak haram"
itu di panti asuhan. Boleh jadi, kalau apes bisa "diarak massa", karena budaya
kita masih seperti itu...Weleh.weleh..naudzubillah mindzalik. doh-doho sing
adoh ojo nurun anak putuku, nuruno anak asu. Semua karena kamu tidak Kontrol
ke"malu"anmu. Tutor P4 bilang, pengendalian diri adalah pangkal tolaknya...

Mau buka terus mini market alias "swalayan"? Saya bisa mengerti, secara saya
pernah jadi ABG (Atas Bawah Gondrong...hihi.). Apalagi umur 17-25 th lagi
'hot-hot'-nya. Boljug, karena kata dr. Boyke, dr. Wimpie Pangkahila, dan dr
Naek L. Tobing, nggak masalah (bukan kata saya, loh..). Apalagi kalau lagi
"berjihad" di medan perang (termasuk berjuang di DJPB terpisah dengan keluarga)
bisa saja itu jadi "emergency exit" karena darurat. Eit, tapi, masak darurat
kok terus-menerus? Yang bener aja loe, ye! Lagian, garing banget ah, kalau
tidak ada aksi dan reaksi...gocap kali dua, capek deh...(Taufik:2007).

Benar kata Zam-Zam, kalau sudah menikah, terkadang perlu dan rindu saat-saat
bisa sendiri dan ber'cengkeram'an dengan teman-teman. Apalagi, buat yang
beruntung "diuji " dengan anugerah fisik dan talenta "menarik hati". Waktu
bujang menjadi "Don Juan' yang dikitari siapa saja, yang sekali lirik oke
sajalah. Pintar-pintarnya kita saja membagi waktu dan berkompromi dengan
pasangan. Namun, satu hal yang ingin saya tekankan, dibalik semua sisi positif
dan negatif menikah dan membujang, ada satu sisi positif menikah yang tak
terbantahkan bahwa rejeki/penghasilan kita lebih barokah, karena kita bisa
berbagi dengan "anak mertua" dan anak-anak kita, amanah yang dipercayakan
kepada kita. Barokah artinya biar sedikit, tapi bisa terus bertambah-tambah.
Contoh rejeki yang barokah: Kalau kita punya uang, beli ayam, ayamnya bertelur
banyak dan jadi anak ayam dan terus..begitu. Contoh rejeki yang tidak barokah:
punya uang, beli ayam, ayamnya tertabrak mobil yang lewat atau mati karena
penyakit. Bersyukurlah, atas kehadiran mereka di sisi kita. Nikmat itu baru
benar-benar kita rasakan, jika telah lepas dan hilang dari diri kita. "Harta
yang paling berharga adalah keluarga" kata keluarga Cemara.

Buat para bulok (Bujangan Lokal) yang banyak bergentayangan di seluruh penjuru
mata angin karena "berjihad" di DJPB, ingat juga pesan saya di atas. Ada
lagunya kelompok Tarantula yang dinyanyiin Camelia Malik nih.
"Jaga-jaga diri, jaga diri, jaga dirimu jaga." Saya tahu, para bulok kita ini
memiliki "Iman" yang kuat..terbukti sudah nikah kok..Tapi saya juga paham
benar, "amin" memang kadang tidak kooperatif. Jadi, ingat juga pesan di atas,
dengan tambahan catatan. Kalau sudah nikah hukuman seharusnya, menurut buku
Ibadah Syariah, "dirajam mati lho". Hiii atuuut...

Segitu dulu ya Khotbah Minggu ini. Mohon maaf buat yang kurang berkenan
terhadap content, style, atau dampak dari tulisan saya ini. Sungguh, saya
menulis ini untuk DJPB juga dan semuanya, biar Pak Kanwil dan Pak Dirjen tidak
direpotkan oleh pasukannya yang mungkin berceceran. Kalah berperang bukan saja
karena harta dan tahta, tetapi juga karena wanita....Beliau, para Jenderal agar
terus bisa berkonsentrasi untuk perubahan yang lebih baik. Biar saya, Lettu
Moch. Abdul Kobir mengingatkan dari jauh untuk seluruh pasukan, termasuk untuk
diri saya sendiri pastinya....

Sekali lagi, selamat buat Radityo Putu MAYOR dan istri.

Thanks a lot. Salam dahsyat untuk perubahan.

Wassalam,
>From Perth with love,

Lettu Moch. Abdul Kobir (selevel nggak dengan daftar gaji di pekas gabrah??)